Mulai H-7, Ada Angkutan Gratis Stasiun Klakah–Terminal Wonorejo

Lumajang, Motim - Dinas Perhubungan Lumajang memberikan layanan gratis bagi pemudik ke Lumajang. Sejak H-7 Idul Fitri, Dishub akan menyediakan angkutan gratis dari Stasiun Klakah ke Terminal Minak Koncar, Wonorejo Lumajang.
Stasiun Klakah
Stasiun Klakah
“Ini kita membantu sekaligus meningkatkan pelayanan pada kereta api,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Lumajang, Nugraha Yudha.

Pelayanan angkutan gratis ini untuk penumpang kerata yang tiba di Stasiun Klakah pada malam hari. Karena dari sana menuju ke terminal jarang angkutan lewat atau masih harus menunggu lama di sana.

“Kita memudahkan pengguna kereta api untuk melanjutkan tujuan berikutnya. Misalnya mau masuk ke Lumajang, kita antar sampai Wonorejo,” ujarnya.

Nantinya petugas dari Dishub akan bersiap di sana sebelum kereta malam pertama tiba. “Jadi jam 5 sore kita sudah siap di sana. Kereta malam tiba itu mulai pukul setengah 7 malam dan terakhir pukul 11 malam,” jelasnya.

Rencananya, Dishub akan menyediakan 3 armada untuk pelayanan gratis ini. Petugas akan secara bergiliran untuk menyopir armada itu. “Rencananya kita siapkan 1 elf dan 2 bus ukuran sedang,” jelasnya.

Layanan ini, menurutnya bukan hanya khusus bagi warga Lumajang saja. Namun semua akan dilayani. “Semuanya, tanpa terkecuali. Pokoknya penumpang kereta api yang turun di Klakah dan akan melanjutkan perjalanan ke arah Wonorejo kita akan layani,” ucapnya.

Nugraha menambahkan, pelayanan gratis ini akan diberlakukan dari H-7 lebaran hingga H+7 lebaran. Harapannya banyak masyarakat yang memanfaatkan pelayanan ini. Kare gratis, tidak dipungut biaya. (fit)