Pasar Ramadhan, Antisipasi Lonjakan Harga

Lumajang, Motim - Pasar Ramadhan kembali digelar oleh Pemkab Lumajang. Kegiatan di Alun-Alun Lumajang ini akan digelar hingga 25 Mei mendatang. Tujuannya, sebagai salah satu upaya untuk mengantisipasi adanya lonjakan harga selama Ramadhan atau mendekati Hari Raya Idul Fitri.
Pasar Ramadhan
Pasar Ramadhan
“Untuk mengendalikan ketersediaan serta menjaga kestabilan harga bahan pokok yang cenderung naik menjelang lebaran,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perdagangan Lumajang, Aziz Fachrurrozi.

Ia pun berharap agar masyarakat bisa memanfaatkan momentum ini dengan sebaik-baiknya. “Selain harganya lebih murah dari harga di pasaran, semua bahan pokok yang dijualpun berkualitas,” ucapnya.

Melalui Pasar Ramadhan yang digelar sejak 22 Mei lalu, ini juga dapat membantu warga khususnya dari kalangan yang kurang mampu. “Agar dapat memenuhi kebutuhan pokoknya, sehingga mereka dapat lebih tenang dan khusuk dalam menjalankan ibadah puasanya,” ucapnya.

Aziz menambahkan, selain Pasar Ramadhan, pihaknya juga melakukan Operasi Pasar Mandiri yang dilaksanakan di 5 lokasi. Diantaranya di Kecamatan Senduro, Lumajang, Kunir, Tempeh, dan Pasirian.

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati juga menyempatkan diri datang di Pasar Ramadhan itu. Menurutnya, kegiatan ini merupakan simbiosis mutualisme. Karena saling menguntungkan antara pedagang dan masyarakat.

Ia juga berharap banyak masyarakat yang datang di kegiatan tersebut. “Ya, semoga masyarakat sudah mendengar, untuk berbondong datang, karena ada beras, minyak dan gula yang pastinya harganya lebih murah,” pungkasnya. (fit)