Pastikan Asupan Karbohidrat 60 Persen saat Buka dan Sahur

Ilustrasi makanan. (*)
Lumajang, Motim - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Lumajang, dr. Bayu Wibowo Ignasius memberikan tips agar bisa menjalan ibadah puasa dengan maksimal. Agar tubuh bisa tidak terlalu drop atau loemas saat menahan haus lapar seharian.

Ia menjelaskan, selama bulan puasa, tubuh butuh lebih banyak asupan karbohiodrat. Sehingga harus dipastikan, saat berbuka dan sahur lebih banyak menkonsumsi makanan berkarbohidrat sebanyak 60 persen.

Kemudian sisaanya, bisa memilih asupan lemak dan protein. Menurutnya, pola makan itu lebih baik, jika diimbangi dengan mengonsumsi buah dan sayur. "Buah dan sayur itu, zat gizi penting, yang bisa memberikan efek kenyang lebih lama," jelasnya.

Lanjutnya, memang sangat penting mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang saat berbuka dan sahur selama berpuasa. Apalagi bagi masyarakat, yang harus tetap bekerja disaat bulan puasa.

Disamping itu, Ia juga mengingatkan agar masyarakat lebih memperhatikan gula dan garam yang dikonsumsi. Meksi dalam keadaan lapar, saat berbuka tiba harus bisa mengkontrolnya. Agar terhindar dari penyakit hipertensi, diabetes atau kencing manis.

Lanjutnya, meski tubuh dalam kondisi berpuasa, namun tetap juga harus berolahraga. “Selama menjalani ibadah puasa ramadan, olahraga rutin itu sangat penting dilakukan untuk menjaga stamina,” ujarnya. (fit)