Pelayanan Adminduk Tuntas di Kecamatan: Dispenduk Mulai Drop Peralatan

Bupati saat mengecek pelayanan adminduk beberapa waktu lalu. (*)
Lumajang, Motim - Peningkatan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) menjadi salahsatu janji program nyata Bupati dan Wakil Bupati Lumajang Thoriqul Haq-Indah Amperawati. Keduanya telah berjanji untuk menghadirkan pelayanan adminduk yang bisa selesai di tingkat kecamatan.

Program tersebut nampaknya benar-benar bisa segera dinikmati oleh masyarakat Lumajang. Proses penyediaan peralatan dan tenaga terus digenjot oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil).

Kepala Dispendukcapil Lumajang Ahmad Taufik Hidayat menyampaikan, hingga saat ini sudah ada 11 kecamatan yang siap secara sarana prasarana dan pendukung lainnya. Sedangkan sisanya, secepatnya akan menyusul.

Setelah kecamatan tersebut siap, maka Dispendukcapil mengedrop peralatan kesana. “Saat ini teman-teman sudah mengedrop peralatan. Yang baru saja dilakukan di Kecamatan Sukodono, Padang, dan Gucialit,” katanya, Jumat (10/5).

Adapun peralatan yang dikirim ke Kantor Kecamatan adalah seperti alat cetak Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk, serta Akta Kelahiran. “Jika kecamatan belum siap, kita tidak berani mengedrop peralatan kesana,” ucap Taufik pada pada Memo Timur.

Adapun kesiapan yang harus dilakukan kecamatan, yang dimaksud Taufik adalah menyiapkan ruangan yang representatif. Diantaranya harus ada alat pendingin ruangan, kemudian jaringan listrik yang mendukung.

“Karena kecamatan harus tambah daya listrik. Tapi ada yang belum turun dari pihak PLN. Ada juga AC yang belum terpasang karena baru pesan. Seperti di Yosowilangun dan Tekung itu tambah daya sudah tapi AC belum terpasang,” ungkapnya.

Sementara untuk tenaga yang akan ditempatkan di masing-masing kecamatan, saat ini terus mendapatkan pelatihan dari Dispendukcapil. Ada 33 tenaga khusus untuk program tersebut. “Jadi tiap kecamatan ada yang 1 orang, ada yang 2 orang,” ujarnya.

Taufik menargetkan, hingga akhir bulan ini semua kecamatan sudah harus siap. Serta semua peralatan juga sudah terkirim dan terpasang. “Targetnya bulan ini semua sudah bisa terpasang, semua bisa terlayani,” pungkasnya. (fit)