Pemilu di Lumajang Sukses, KPU Tasyakuran dengan Anak Yatim

Lumajang, Motim - Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) di Lumajang terbilang suskses. KPU Lumajang pun menggelar tasyakuran dengan menggundang anak-anak yatim piatu di Gedung Narawita Agung, Jumat (17/5).
KPU Lumajang
KPU Lumajang
Ada puluhan anak yatim piatu di Lumajang yang diundang dalam kesempatan ini. Mereka juga mendapat uang saku dari KPU. Selain itu, di acara bertajuk ‘Terimakasih Telah Memilih dalam Pemilu 2019’ juga dilaksanakan sholat maghrib berjamaah dan buka puasa bersama.

Salah satu indikator kesuksesan Pemilu di Lumajang adalah angka partisipasi yang terbilang tinggi. Bahkan bisa melampaui target nasional yang memasang 77,5 persen. Di Lumajang bisa menembus 79 persen.

Artinya angka golongan putih (golput) di Lumajang dalam Pemilu 2019 menurun dibandingkan pelaksanaan Pilkada lalu. Dalam Pemilu, angka golput hanya 21 persen. Sementara pada Pilkada lalu, mencapai 25 persen.

Ketua KPU Lumajang, Siti Mudawiyah bersyukur dan berterimakasih kepada masyarakat yang datang ke TPS pada 17 April untuk menyampaikan hak pilihnya. “Alhamdulillah Pemilu di Lumajang bisa berjalan dengan lancar,” katanya.

Ia pun juga berterimkasih kepada semua pihak yang telah ikut mensukseskan Pemilu di Lumajang. Mulai dari Pemkab, Polres, TNI, peserta Pemilu, hingga para relawan. “Jadi Pemilu bisa sukses, karena kerjasama semua pihak,” terangnya.

Dalam acara ini juga dibagikan hadiah-hadiah bagi pemenang lomba yang digelar oleh KPU. Salah satunya adalah lomba swafoto di TPS saat coblosan lalu. Lomba ini digelar untuk memantik kalangan muda khususnya agar tidak golput. (fit)