Pemkab Tak Bisa Tindak Vision Vista

Bupati saat mengeluarkan Perbup No. 14. (fit) 
Lumajang, Motim - Upaya Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk menutup Vision Vista (V2) nampaknya tidak bisa dilakukan saat ini. Seperti yang diinginkan oleh Bupati Thoriqul Haq. Pemkab tak bisa menindak tempat hiburan itu, karena masih proses penyelesaian di ranah hukum.

"Kita tidak bisa menindak, karena masih ranah hukum," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Basuni ketika disinggung perkembangan Polemik Pemkab dengan V2 dalam jumpa pers di Pemkab Lumajang, Selasa (30/4).

Seperti diketahui, sehari setelah dilantik, Bupati Thoriq langsung mendatangi V2 di Jl. Sastrodikoro pada 25 September 2018 lalu. Ia menemui pihak manajemen V2 dan menyerahkan langsung surat pencabutan izin prinsip.

Pihak V2 yang tidak terima, kemudian menggugat Pemkab ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Surabaya. Hasil putusan PTUN justru memenangkan V2. Sehingga V2 bisa tetap beroperasi. Giliran bupati yang tidak puas, kemudian mengajukan banding.

Bahkan Thoriq mengeluarkan Peraturan Bupati Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Usaha Hiburan Karaoke yang diterbitkan 15 Februari 2019. Perbup itu memperketat aturan tempat karaoke. Namun Perbup tersebut tidak berlaku bagi V2.

Pihak Pemkab juga sudah melakukan konsultasi ke kejaksaan terkait ini. Hasilnya, memang harus menunggu putusan akhir nantinya. Jika Pemkab tetap memaksa lakukan penindakan, justru bisa melanggar aturan yang ada.

"Kalau kita mau seenaknya sendiri, dituntut kita. Kita bicara hukum," kata Basuni.

Lanjutnya, untuk tempat hiburan khususnya tempat karaoke di Lumajang jumlah yang berizin ada 4 tempat. Selain V2, lainnya adalah Maharaja, Setia Kawan, Kafe Tower Pasirian. “Untuk Enjoy dan Lamoza tinggal izin dari Dinas Pariwisata yang belum dapat,” pungkasnya.

Sementara Plt Kepala Bagian Hukum Catur Prayogi saat dikonfirmasi Memo Timur terkait proses banding Pemkab, mengatakan jika masih menunggu konfirmasi dari PTUN. “Masih belum ada panggilan/konfirmasi dari PTUN,” tulisnya dalam pesan whatsapp. (fit)