Peralatan Adminduk di 9 Kecamatan Sudah Komplit

Pelayanan adminduk Dispendukcapil. (*)
Lumajang, Motim - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) selama bulan Ramadan tetap bekerja maksimal. Utamanya untuk segera mewujudkan Program pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) tuntas di kecamatan.

Sesuai dengan janji politik Bupati dan Wakil Bupati Lumajang Thoriqul Haq-Indah Amperawati. Keduanya menginginkan masyarakat tak perlu lagi jauh-jauh ke Kantor Dispendukcapil. Cukup datang ke kantor kecamatan masing-masing.

Saat ini Dispendukcapil terus mengedrop segara peralatan yang dibutuhkan untuk memberikan pelayanan tersebut. Selain peralatan dari Disependukcapil, pihak kecamatan juga harus siap dari aspek sarana dan prasarana pendukung. Seperti ruangan yang representatif, jaringan internet, dan daya listrik yang memadai.

Kepala Dispendukcapil Lumajang Ahmad Taufik Hidayat, menyampaikan, hingga Rabu (15/5) pihaknya sudah mengedrop secara komplit di 9 kecamatan. Bahkan semua instalasinya sudah terpasang dan siap dijalankan.

Diantaranya Kecamatan Sukodono, Padang, Gucialit, Jatiroto, Kunir, Tempeh, Pasirian, Senduro, dan Pasrujambe. Peralatan yang sudah komplit terkirim dan terpasang itu diantaranya seperti alat cetak Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan juga Akta Kelahiran.

“Sekalian dilakukan setting konfigurasi koneksi jaringan perangkat keras atau lunaknya. Selanjutnya tinggal kita kirimkan petugas kesana. Kemungkinan mulai Senin depan,” katanya pada Memo Timur.

Sementara untuk kecamatan lainnya, terus dalam proses. Ada 4 kecamatan lagi yang sudah siap sarana dan prasarana pendukung. Proses pengedropan peralatan dan instalasi pun juga terus dilakukan disana.

Sambil menunggu kecamatan lainnya, kecamatan yang sudah siap menjalankan program ini akan berjalan lebih dulu. Tanpa harus menunggu semua 21 kecamatan bisa siap total. “Kecamatan yang siap kita jalankan dulu,” ujarnya. (fit)