PSIL dan Semeru FC Menatap Musim Baru

Lumajang, Motim - Liga 1 sudah mulai bergulir. Disusul selanjutnya Liga 2 dan 3. Dua tim kebanggaan masyarakat Lumajang, sama-sama bakal mengarungi laga di tahta Liga 3 musim ini. Keduanya siap menatap musim 2019.

PSIL Lumajang saat ujicoba
Meski sama-sama Liga 3, PSIL dan Semeru FC akan memulai laga di level berbeda. Semeru FC di Liga 3 Pra Nasional, sementara PSIL di Liga 3 Jawa Timur. Liga 3 Pra Nasional berisi 16 tim. Terdiri dari 6 tim degradasi dari Liga 2 2018 serta 10 tim terbaik Liga 3 2018.

Kemudian 3 tim terbaik akan lolos ke putaran nasional. Disini 3 tim itu akan bertanding lagi melawan tim-tim juara Liga 3 level provinsi dan regional. Jika sama-sama lolos, Semeru FC dan PSIL kemungkinan bisa bertemu di putaran nasional. Serta memiliki asa promosi ke Liga 2.

Namun untuk menuju ke putaran nasional, PSIL memiliki jalan panjang tentunya. Di putaran awal, PSIL tergabung di Grup E bersama tim-tim Tapal Kuda. Diantaranya Persewangi Banyuwangi, Persid Jember, Persebo Muda Bondowoso, dan Persipro Probolinggo.

“Hasil pembagian grup Liga 3, PSIL bersama tim asal Tapal Kuda,” kata Arif Tiar, Bendahara PSIL Lumajang.

Menurut dia, PSIL akan terus berjuang untuk menjadi terbaik dan lolos ke level nasional. Untuk menghadapi Liga 3 itu, PSIL akan lebih banyak menggunakan pemain muda lokal. “Kita juga akan menambah 5 pemain senior,” jelasnya.

Liga 3 Jatim rencananya digelar akhir Juli 2019. Membandingkan persiapan kedua tim, PSIL yang lebih nampak sejauh ini. Selain komposisi pemain sudah mulai disusun, laga ujicoba sudah digelar. Terakhir, PSIL menumbangkan tim lokal Garuda Putra dengan skor telak 7-0. (fit)