Puluhan Anak Yatim Belanja Lebaran bersama Orangtua Asuh

Lumajang, Motim - Anak-anak yatim piatu juga memiliki hak untuk bisa merayakan lebaran dengan gembira seperti anak pada umumnya. Khusnya anak yatim yang tidak tinggal di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA), mereka tidak boleh luput dari perhatian.
Program OASE Baznas Lumajang
Program OASE Baznas Lumajang
Mereka juga memiliki keinginan untuk merasakan belanja baju lebaran. Untuk itu Badan Amil Zakat (Baznas) Lumajang mewujudkan keinginan mereka itu. Melalui sebuah program yang bernama OASE (Orangtua Asuh Sehari).

OASE adalah sebuah program bagi donatur yang sekaligus berperan sebagai orangtua untuk menemani langsung anak yatim berbelanja kebutuhan lebaran di toko. Ramadhan kali ini ada 57 anak yatim yang dicakup dalam program tersebut.

Pada Rabu (29/5) kemarin, mereka bersama orangtua asuh telah belanja di toko yang telah ditentukan. Tentu ini menjadi hal menyenangkan bagi para anak yatim, mereka bisa memilih baju kesukaan mereka dan kebutuhan lainnya.

“Per anak yatim mendapatkan voucher belanja senilai Rp 350 ribu,” kata Ketua Baznas Lumajang, H. Atok Hasan Sanusi.

Sedangkan donatur atau orangtua asuh yang ikut berpartisipasi dalam program ini ada 40 orang. Jiwa sosial para donatur ini memang tidak diragukan lagi. Mereka menemani anak yatim belanja seperti menemani anak sendiri.

“Ada 40 donatur, ada donatur yang membayar untuk 2 anak yatim,” jelasnya pada Memo Timur.

Dalam melakukan belanja itu, Baznas telah bekerjasama dengan 3 toko yang ada di Lumajang. Kemudian para anak yatim dan orangtua asuh dibagi dalam 3 tempat tersebut. Diantaranya Toko Lira di Jl. Kyai Ghozali, Toko Rezeki Jl. Suwandak, dan Toko Kacio Jl. PB Sudirman.

Atok pun berterimakasih kepada para donatur yang telah berpartisipasi dalam kesempatan ini. Sehingga anak-anak yatim, khususnya non LKSA sangat senang dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri. (fit)