Santuni Yatim Non LKSA, Baznas Ajak Masyarakat Ikut OASE

Program OASE tahun lalu. (*) 
Lumajang, Motim  - Diawal ramadan, Badan Amil Zakat Nasional (Bazanas) Lumajang gencar melakukan publikasi kepada msyarakat dalam pengumpulan zakat. Salahsatunya agar masyarakat mengikuti Program OASE (Orangtua Asuh Sehari).

OASE adalah program santunan yang dikhususkan bagi anak-anak yatim yang tidak berada di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA). Jadi, para donatur nantinya akan menjadi orangtua bagi mereka dalam sehari untuk berbelanja baju lebaran.

“Dalam program ini, kita ajak masyarakat untuk infaq dan sodaqoh sebesar Rp 350 ribu,” kata Ketua Baznas Lumajang H. Atok Hasan Sanusi pada Memo Timur, Selasa (7/5).

Kemudian nanti, seminggu sebelum Idul Fitri, donatur bersama anak yatim berbelanja disalahsatu toko untuk berbelanjar. “Agar mereka juga ikut merayakan ramadan dan syawal nanti,” ujar Atok.

Lanjutnya, Ia menargetkan ada 100 anak yatim yang bisa dicakup dalam program ini. Anak yatim yang berhak menerima santunan ini juga akan disaring terlebih dulu. “Paling tidak kita punya 100 orang tua asuh,” jelasnya.

Kenapa difokuskan kepada anak yatim non LKSA, Atok menegaskan, karena selama ini untuk yang di LKSA sudah bantuan yang diberikan melalui yayasan. “Diluar LKSA, ada anak yatim yang membutuhkan juga,” pungkasnya.

Pada ramadan tahun lalu, program serupajuga berhasil berjalan dengan baik. Setelah berbelanja, mereka kemudian diajak ke Pendopo untuk berbukan puasa bersama. (fit)