Sehari 2 Kebakaran: Pabrik Kayu dan Rumah

Kebakaran pabrik kayu. (*)
Lumajang, Motim - Dalam sehari, telah terjadi peristiwa kebakaran di Lumajang, Kamis (2/5) siang. Kebakaran pertama terjadi di rumah warga. Kemudian tak berselang lama, kebakaran juga terjadi di salahsatu pabrik kayu.

Dari laporan Satuan Polisi Pamong Praja Lumajang, sekitar pukul 13.00 WIB kebakaran menimpa rumah di Dusun Wetan Sepuran Desa Wonorejo Kecamatan Kedungjajang. Diketahui rumah tersebut milik Abdul Rohim Noer (41).

Kebakaran itu terjadi, saat salahgsatu penghuni rumah, Umi Dania (64) sedang mengecat lemari dengan campuran bensin. Karena letak lemari tidak tersinari lampu, akhirnya Ia menggunakan bantuan lilin.

“Kemudian campuran cat dan bensin itu tumpah mengenai lilin. Umi Dania berusaha mematikan namun tidak mampu dan meminta pertolongan,” kata Kepala Satpol PP Lumajang Basuni pada Memo Timur.

Akhirnya api pun membesar membakar lemari tersebut. Warga sekitar yang mengetahui kejadian inipun langsung melapor ke polsek dan babinsa setempat. Kemudian diteruskan pada petugas Damkar dan BPBD Lumajang.

Tak berselang lama petugas datang dang langsung melakukan upaya pemadaman. Sehingga api tidak sampai melahap seisi rumah tersebut. Sekitar setengah jam setelahnya, api berhasil dipadamkan secara total.

“Tidak ada korban jiwa. Total kerugian mencapai Rp 3,5 juta,” ucap Basuni.

Kemudian kebakaran kedua terjadi sekitar pukul 13.35 WIB. Kebakaran terjadi di Pabrik Kayu PT. HM Barokah Group yang beralamatkan di Desa Karanganom Kecamatan Pasrujambe.

Kebakaran itu pertama kali diketahui karyawan pabrik yang melihat kepulan asap diatas pembuangan serbuk. Melihat hal tersebut, kemudian mereka berusaha melakukan pemadaman dengan alat seadanya.

Karena api yang terus membesar, akhirnya sekitar pukul 14.20 WIB pihak pabrik, baru meminta bantuan ke petugas Damkar Lumajang. “Petugas pun segera terjun ke lokasi dan langsung melakukan upaya pemadaman,” ujar Basuni. (fit)