Selesai Ikut Pelatihan Mekanik Baznas, Langsung Dapat Kerja

Lumajang, Motim - Sebanyak 10 peserta telah mengikuti pelatihan mekanik motor yang digelar Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lumajang bekerjasama dengan Lembaga Pelatihan Kerja Swasta Anugerah, Kunir. Setelah mengikuti pelatihan ini, mereka tak bingung lagi mencari kerja.
Baznas bersama dengan peserta pelatihan mekanik
Baznas bersama dengan peserta pelatihan mekanik
“Semuanya dinyatakan lulus. Enam anak sudah langsung dapat tawaran bekerja di bengkel. Empat lainnya akan membuka bengkel sendiri dengan keluarga,” kata Ketua Baznas Lumajang, H. Atok Hasan Sanusi, Kamis (9/5).

Pelatihan ini dilaksanakan selama 3 bulan dan dimulai sejak Februari lalu. Ada 10 peserta yang mengikuti pelatihan, kemudian di tengah jalan ada 2 diantaranya yang mengundurkan diri. Sehingga harus diganti dengan peserta lainnya.

“Kebetulan dua peserta pengganti itu sudah memiliki latar belakang di dunia otomotif,” ucap Atok pada Memo Timur.

Saat pendaftaran gratis ini dibuka oleh Baznas, ada 50 calon peserta yang berminat. Kemudian disaring lagi hingga terpilihlah 10 peserta. “Kita utamakan mereka dari keluarga tidak mampu dan tidak memiliki pekerjaan,” jelasnya.

Setelah lulus dari pelatihan, mereka juga mendapatkan bantuan berupa 1 set peralatan bengkel dari Baznas. “Target kita sudah terpenuhi. Kita harapkan setelah ini mereka sudah bisa bekerja. Sudah bisa mandiri. Paling tidak buka bengkel sendiri di rumahnya,” ujar Atok.

Selain pelatihan mekanik motor, Baznas dalam waktu dekat juga berencana menggelar pelatihan kerja lagi untuk di bidang lainnya. “Rencana kedepan bisa bekerjasama dengan pihak ketiga, atau Baznas Jatim juga Baznas Pusat,” pungkasnya.

Salah satu peserta, Ilham mengaku senang bisa mengikuti pelatihan ini. Ia juga berterimakasih dengan semua pihak. Apalagi setelah lulus pelatihan, Ia langsung mendapat tawaran bekerja di sebuah bengkel.

“Alhamdulillah sudah bisa menguasai dan diterima di bengkel,” kata warga Desa Kandangtempus, Kecamatan Senduro itu. (fit)