Tekan Harga, Operasi Pasar segera Digelar

Lumajang, Motim - Memasuki Bulan Ramadhan, sejumlah kebutuhan pokok mengalami kenaikan harga yang signifikan. Salah satunya adalah bawang putih yang sempat menembus Rp 60 ribu perkilogram. Untuk itu dalam waktu dekat, Dinas Perdagangan Lumajang akan melakukan operasi pasar.
Pasar Baru Lumajang
Pasar Baru Lumajang
Operasi pasar yang digelar ini diharapkan dapat menekan harga kebutuhan pokok. Agar bisa kembali menjadi normal seperti sebelum memasuki bulan puasa. Karena diprediksi kenaikan bakal terus terjadi hingga lebaran nantinya.

Sekretaris Dindag Lumajang, Aziz Fahrurrozi menyampaikan, untuk menggelar operasi pasar ini, pihaknya akan menggandeng sejumlah pihak. Diantaranya kerjasama dengan Badan Urusan Logistik (BULOG).

Tak hanya BULOG, Dindag bakal menggandeng perusahaan swasta di Lumajang. Agar mereka menyiapkan kebutuhan pokok dengan harga di bawah pasaran. “Target operasi pasar ini di sejumlah tempat nantinya,” kata Aziz.

Selain operasi pasar, pihaknya juga akan menggelar pasar murah Ramadhan. Seperti yang juga digelar pada Ramadhan sebelumnya. Rencananya akan digelar di Alun-Alun Lumajang. “Jika sebelumnya berada di jalan seputar Alun-Alun, kita harapkan tahun ini digelar di dalam,” jelasnya.

Sementara untuk mengatasi mahalnya bawang putih. Ada rencana dari pusat untuk melakukan impor bawang. “Jawa Timur akan dapat jatah 84 ribu ton. Belum tahu Lumajang akan dapat jatah berapa nanti,” ujar Aziz. (fit)