Tempat Karaoke Wajib Tutup Selama Ramadan


Kepala Satpol PP Lumajang, Drs. Basuni.
Lumajang, Motim - Tempat karaoke yang ada di Lumajang diwajibkan untuk tutup penuh selama Bulan Ramadan. Bupati Lumajang Thoriqul Haq pun meminta agar semua pemilik usaha karaoke bisa mematuhi hal tersebut.

Kebijakan ini, bukan hanya keputusan dari Pemkab Lumajang saja. Namun juga melibatkan Polres dan Kodim. “Jadi bupati, kapolres, dan dandim sudah sepakat untuk menutup tempat karaoke selama ramadan,” kata Kepala Satpol PP Drs. Basuni pada Memo Timur, Minggu (5/5).

Keputusan ini sudah disampaikan kepada pengusaha karaoke. Selain itu, ada himbauan tertulis yang akan diberikan kepada mereka. Himbauan itut dibuat melalui Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Setda Pemkab Lumajang.

Selama ramadan nantinya, patroli ke tempat karaoke juga akan dilakukan. Untuk memastikan tempat tersebut sudah tidak beroperasi lagi selama bulan suci. Hal ini untuk menghormati umat muslim agar lebih khusyuk dalam menjalankan ibadah.

Jika nantinya selama ramadan masih ada tempat karaoke yang melanggar keputusan ini, tentu akan ada tindakan tegas. “Jadi bukan hanya dari Satpol PP saja, namun juga polisi dan TNI akan ikut menindak nantinya,” ucapnya.

Di Lumajang ada 4 tempat karaoke yang sudah memiliki Izin lengkap. Diantaranya Vision Vista, Maharaja, Setia Kawan, Kafe Tower Pasirian. “Sementara ntuk Enjoy dan Lamoza tinggal izin dari Dinas Pariwisata yang belum dapat,” kata Basuni. (fit)