Ada 4 Pasar akan Dibenahi di 2019

Lumajang, Motim - Benah-benah pasar terus dilakukan. Ada 4 pasar di Lumajang yang akan dibenahi di tahun ini. Sesuai informasi dari Dinas Perdagangan (Dindag) Lumajang, keempat pasar itu adalah Pasar Pronojiwo, Pasar Klojen, Pasar Krai, dan juga Pasar Klakah.
Pasar Klojen saat malam hari
Pasar Klojen saat malam hari
Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dindag Lumajang, Yudi Prasetyo menjelaskan, pembenahan pasar di Lumajang memang dilakukan tiap tahunnya. Kemudian ada yang dilakukan secara bertahap.

Ia menjelaskan, untuk Pasar Pronojiwo tahun sebelumnya pembangunnya belum selesai. Bahkan saat itu, pedagang yang direlokasi, kiosnya harus terbakar. “Pembangunannya ada tahapan, jadwalnya tahun ini Pronoijiwo,” ujarnya pada Memo Timur.

Untuk Pasar Krai diketahui merupakan pasar hewan, akan lebih diotimalkan lagi. Juga dengan Pasar Klakah. Sedangkan, Pasar Klojen diperbaiki, karena pasar kecil di tengah kota akan diproyeksikan menjadi pasar dengan Standar Nasional Indonesia (SNI).

“Tuntutan dari Kementerian Perdagangan harus ada pasar ber-SNI,” ungkapnya.

Kemudian ditanya mengenai rencana Pasar Artagama di Jl. Gajahmada Lumajang, Ia menyebut masih belum masuk di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun ini. Sebelumnya Bupati Thoriqul Haq telah terjun ke sana dan meminta segera dibahas terkait itu. Karena pasar itu nampak terbengkalai.

Sesuai informasi di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), pembenahan 4 pasar ini dianggarkan sebesar Rp 9 miliar. Untuk Pasar Pronojiwo Rp 2,4 miliar, Pasar Klakah Rp 2 miliar, Pasar Krai Rp 1,1 miliar, dan Pasar Klojen Rp 3,8 miliar. (fit)