Ada Bonus Besar, Lumajang Target 15 Emas di Porprov

Lumajang, Motim - Perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur tinggal menghitung hari. Tepatnya bulan depan, pada 6-13 Juli 2019. Kontingen Lumajang pun sudah bersiap diri secara maksimal. Ada bonus besar yang akan diberikan. Target realistisnya, minimal dapat 15 medali emas.
Atlet panahan Lumajang
Atlet panahan Lumajang
“Untuk kontingen Lumajang InsyaAllah sudah siap,” kata Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lumajang, H. Ngateman pada Memo Timur, Selasa (25/6).

Ia menegaskan, potensi medali emas dari para atlet Lumajang merata di semua cabang olahraga (cabor). Target realistisnya 15 sampai 17 medali emas. Dengan jumlah raihan itu, Lumajang bisa menembus 10 besar. Namun dari pemetaan KONI, ada potensi mendapat 29 medali emas.

“Saya harap semua cabor dapat emas. Pada Porprov sebelumnya kita hanya dapat 9 (medali emas),” ujarnya.

Ngateman menyebut, untuk kontingen Lumajang akan mengerahkan 158 atlet dari 24 cabor. Satu cabor diantaranya belum tergabung di KONI Lumajang yakni Wushu. “Kita tidak memiliki cabornya, tapi punya atlet, kita kirim,” jelasnya.

Bicara bonus, Ngateman menyebut atlet yang mampu menyabet medali emas akan dapat minimal Rp 10,5 juta sesuai dengan Peraturan Bupati. Namun Ia mengupayakan bersama dengan Pemkab Lumajang, agar ada bonus tambahan yang diberikan.

“Kita berupaya meyakinkan pemerintah untuk diberikan bonus yang lebih besar,” ucap dia.

Seluruh kontingen Lumajang yang akan berangkat ke Porpov VI di Tuban, Lamongan, Bojonegoro dan Gresik itu berjumlah 235 orang. Selain 158 atlet, ada 70 official, dan sisanya adalah Satgas.

Persiapan saat ini, terus dimatangkan, agar benar-benar bisa maksimal saat pertandingan nantinya. “Dalam waktu dekat, ada bina mental. Untuk pelepasan pada 3 Juli nanti di Pendopo Arya Wiraraja,” pungkasnya. (fit)