Belasan Bangunan Dibongkar, Eks Lokalisasi Bebekan Tinggal Kenangan

Lumajang, Motim - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Lumajang kini tak perlu susah payah lagi melakukan razia berkali-kali di eks lokalisasi Bebekan. Pasalnya tak akan ada lagi Pekerja Seks Komersial (PSK) yang kembali menjajakan diri di sana. Tak ada tempat bagi mereka. Bangunan di sana sudah dibongkar semuanya. Tinggal kenangan.
Bangunan di eks lokalisasi Bebekan dibongkar
Bangunan di eks lokalisasi Bebekan dibongkar
Pembongkaran bangunan semi permanen ini dilakukan, Jumat (28/6) lalu. Bupati Lumajang, Thoriqul Haq yang memimpin langsung pembongkaran bangunan di atas Tanah Kas Desa (TKD) yang tercatat aset milik Desa Dorogowok namun di wilayah Desa Kabuaran Kecamatan Kunir.

Sebanyak 17 bangunan diratakan dengan tanah. Alat berat dikerahkan untuk mempercepat pembongkaran. Sudah bertahun-tahun tanah itu difungsikan sebagai warung dan rumah terselubung, yang menyediakan PSK kelas teri. Pria hidung belang berdompet tipis banyak mampir ke sana.

Tak ada perlawanan dari pihak manapun atas pembongkaran ini. Siapa yang mendirikan bangunan itu dan memanfaatkannya sebagai bisnis lendir selama ini, sudah menyadari jika yang dilakukannya itu salah. Aksi pembongkaran ini juga didukung oleh warga setempat.

Bupati Thoriqul Haq menegaskan, sejak dirinya dilantik memang sudah berkomitmen untuk memberantas tempat maksiat di Lumajang. Berkali-kali razia sebelumnya di tempat ini rasanya tak mempan. Pasalnya, tak berselang lama, PSK datang lagi.

“Kami Pemerintah Kabupaten Lumajang sudah berulang kali menyampaikan kepada seluruh warga masyarakat Lumajang, supaya tempat maksiat diberantas di Kabupaten Lumajang,” ujarnya.

Karena eks lokalisasi itu berdiri di atas lahan pemerintah, tentu lebih penertiban dengan cara pembongkaran adalah pilihan yang tepat. “Saya pimpin langsung pembongkaran rumah di atas tanah negara, yang nyata-nyata dijadikan kegiatan untuk kemaksiatan,” ujarnya.

Pemkab Lumajang mengklaim sebelumnya telah memberikan peringatan sebelum dilakukan pembongkaran. Aksi pembongkaran ini sekaligus memutus aliran listrik di sana. Belum di ketahui, lahan tersebut akan difungsikan sebagai apa selanjutnya. (fit)