Dua Inovasi Kesehatan Lumajang Sabet Penghargaan Internasional

Lumajang, Motim - Dua pelayanan publik di bidang kesehatan yang digagas Lumajang sukses menyabet penghargaan di tingkat internasional. Yakni Gebrakan SUSI (Suami Siaga) dan Blood Jek Si Pengawal Nyawa.
Lumajang raih penghargaan internasional
Lumajang raih penghargaan internasional
Inovasi tersebut mendapatkan penghargaan The United Nations Public Service Awards (UNPSA) 2019. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Ibu kota Baku, Azerbaijan pada Senin (24/6).

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang, dr. Bayu Wibowo Ignasius menjelaskan bahwa 2 Inovasi Pelayanan Publik diapresiasi oleh sejumlah pemerhati dan praktisi pelayanan publik karena dianggap simpel tetapi memiliki manfaat yang luar biasa.

“Utamanya Blood Jek yang memberikan solusi ketersediaan darah yang terjamin mutunya dan standart darah yang telah ditentukan. Oleh karena itu, replikasi Blood Jek telah dilakukan di banyak tempat,” jelasnya.

Ia menjelaskan, pada pertemuan tersebut perwakilan dari Indonesia kompak menggunakan baju adat tradisional dan sangat menarik perhatian peserta negara lainnya. Pada forum UNPSA tersebut, para peserta mengikuti lokakarya dan paparan tentang pelayanan publik.

Nantinya para peserta juga akan diajak Studi Tiru di berbagai tempat yang telah berhasil dalam penerapannya, antara lain ke Kota Tbilisi dan Kota Istanbul Turkey. Dalam kegiatan tersebut Provinsi Jawa Timur mendapatkan 7 dari 14 Inovasi Pelayanan Publik wakil Indonesia. (fit)