Dua Petahana di Formasi Komisioner KPU yang Baru

Ketua KPU Lumajang Siti Mudawiyah. (fit) 
Lumajang, Motim - Proses panjang pembentukan formasi baru Komioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang akhirnya rampung. KPU RI telah mengumumkan 5 nama komisioner untuk periode 2019-2024. Ada 2 petahana yang berhasil bertahan di formasi baru itu.

Petahana itu adalah Siti Mudawiyah dan Yusuf Adi Pamungkas. Dua lagi, ada mantan komisioner periode sebelumnya, Yuyun Baharita dan Nur Ismandiana. Kemudian satu lagi adalah Sohudi yang merupakan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Ranuyoso selama 2 periode.

“Baru tadi (Rabu) pagi diumumkan,” kata Siti Mudawiyah pada Memo Timur, Rabu (12/6).

Setelah diumumkan, pelantikan langsung dilakukan keesokan harinya di Surabaya. Namun belum diketahui pasti di tempat mana akan dilakukan. Karena rencana sebelumnya, pelantikan akan dilakukan di Jakarta.

“Pelantikan jam 1 siang, biasanya di Gedung Grahadi. Awalnya rencananya di Jakarta, tapi di sana padat agenda. Jadi dilakukan KPU masing-masing provinsi. Nanti ada perwakilan komisioner dari pusat yang datang,” jelasnya.

Pelantiakan langsung dilakukan, pasalnya masa jabatan komisioner untuk periode 2014-2019 sudah habis per 12 Juni 2019. “Besok pelantikan sekalgus pembacaan SK (Surat Keputusan), untuk SK-nya bisanya diberikan menyusul,” ujar Mudawiyah.

Sebelumnya, saat dibuka pendaftaran ada 60 lebih pendaftar yang berminat jadi komisioner. Termasuk 5 petahana yang ada ikut mencalonkan diri. Namun satu demi satu petahana berguguran. (fit)