Gadaikan Sertifikat Tanah Tetangga Rp 80 Juta, Andika Diciduk

Pelaku saat diamankan. (cho)
Lumajang, Motim - Andika Kris Susanto (31), warga Dusun Tegal Banteng, Desa Tegalrejo, Kecamatan Tempursari, diciduk petugas gabungan Polsek Tempursari, karena diduga mencuri sertifikat tanah milik Sunari (60), warga desa yang sama.

Parahnya, sertifikat milik korban yang dicuri itu digadaikan kepada Sutris, juga warga Tegalrejo, senilai Rp 80 juta. Akibat perbuatannya, kini pelaku tersebut sudah meringkuk di rumah tahanan Polsek Tempursari.

"Andika Kris Susanto ditangkap atas dasar laporan korban. Barang bukti sertifikat itu susah kami amankan. Kejadiannya akhir Mei kemarin,"ungkap Kapolsek Tempursari Ipt Agus Sugiharto, SH.

Menurut Kapolsek Tempursari pelaku diperkirakan masuk kedalam rumah saat kosong, melalui pintu depan yang kala itu sedang terbuka. Setelah berada didalm pelaku mengambil sertifikat milik korban yang ditaruh didalam kotak kayu, lalu pergi melalui pintu semula.

Tiga hari kemudian kata Kapolsek sertifikat itu oleh pelaku digadaikan kepada Sutris . Akibat perbuatan nekatnya itu Andika dijerat pasal 362 KUHP dipidana hukuman penjara paling lama 7 tahun.

"Pelaku berikut BB sertifikat yang dicurinya sudah kami amankan. Menunggu berkas perkaranya selesai baru dilimpahkan ke kejaksaan," pungkasnya. (cho)