IPM Lumajang Perlu Terus Digenjot

Lumajang, Motim - Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Lumajang perlu terus digenjot. Untuk itulah, Pemkab Lumajang melalui sejumlah program, berupaya untuk meningkatkan IPM. Salah satunya melalui Program Keluarga Berencana (KB).
Safari Baksos TNI-KB-Kesehatan di Aula Panti PKK
Safari Baksos TNI-KB-Kesehatan di Aula Panti PKK
Bupati Lumajang, Thoriqul Haq menyampaikan, program KB yang disertai dengan konsep pembangunan keluarga sangat penting. Karena akan menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih baik dan dapat berimplikasi terhadap peningkatan IPM.

“Saya berharap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tertangani dengan cepat, komprehensif yang artinya permasalahan tersebut terurai dan terselesaikan satu persatu,” katanya saat mencanangkan Safari Baksos TNI-KB-Kesehatan di Aula Panti PKK, Kamis (27/6).

Toriq berpesan, agar keberhasilan program KB tidak hanya sekedar 2 anak cukup. Namun lebih dari itu. Yakni sosialisasi dan komunikasi mengenai langkah-langkah untuk menjamin agar bayi dan ibu hamil yang sehat.

Ia menekankan bahwa program KB menjadi salah satu solusi terhadap kelahiran jarak yang dekat dan keluarga bisa menata ekonomi secara terukur. Di samping itu, Lumajang mempunyai potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang sangat mencukupi.

Dengan kondisi ini, memungkinkan masyarakat Lumajang mendapatkan akses pekerjaan yang mudah. Namun, dibalik mudahnya akses mendapatkan pekerjaan, masyarakat menjadi enggan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, hingga muncul masalah baru, seperti pernikahan dini.

Demi mencegah hal tersebut terjadi, Pemkab Lumajang merencanakan dan melakukan langkah-langkah konkrit agar masyarakat kembali melanjutkan pendidikan. Dengan menyelenggarakan pendidikan yang mudah dan murah melalui program SPP gratis dan pemberian seragam gratis.

“Saya juga mengapresiasi TNI-AD khususnya Kodim 0821 menyelesaikan problem dasar itu supaya akses kesehatan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan dan fasilitas yang baik,” tambahnya. (fit)