Jumlah Wisatawan Pantai Meningkat, Pengawasan Diperketat

Pantai di Lumajang. (*)
Lumajang, Motim - Selama lebaran, jumlah pengunjung pantai di Lumajang selalu meningkat. Untuk itu, pengawasan di kawasan tersebut harus diperketat. Guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, yang dapat mengancam wisatawan.

Sejak lebaran hari ke-3, terlihat sejumlah pantao favorit di Lumajang sudah mulai dipadati pengunjung. Jumlahnya akan terus meningkat. Biasanya puncaknya, H+7, wisatawakan akan membludak atau bertepatan dengan lebaran ketupat.

Pihak dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang sudah menyiagakan personilnya di sejumlah pantai. Untuk melakukan pengawasan secara langsung. Himhauan dan aturan bagi pengunjung juga dipasang di sekitar pantai.

Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan, dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo menyampaikan pemantauan dilakukan selama 7 hari. Yakni dilakukan 7 sampai 13 Juni 2019.

Pantai yang berpotensi ramai dikunjungi wisatawan itulah yang akan dipantau langsung oleh BPBD. Diantaranya Pantai Wotgalih, Pantai Dampar, Pantai Watu Pecak, dan juga Pantai Bambang.

Semua pantai di Lumajang mulai dari Kecamatan Tempursari hingga Yosowilangun memang bisa jadi pilihan. Namun pantai tersebut yang menjadi favorit masyarakat. Hingga jumlah pengunjung di sana bisa membludak.

"Saat ini masa musim transisi, dikhawatirkan cuaca ekstrim. Muncul angin kencang dan ombak tinggi," ucapnya. Hal itulah yang bisa mengancam keselamatan para pengunjung.

Wawan pun menghimbau masyarakat yang hendak berlibur di pantai agar selalu meningkatkan kewaspadaan. Utamanya harus mematuhi aturan yang dibuat oleh pihak pengelola wisata. "Taati rambu-rambu disitu dan tetap hati-hati," ujarnya. (fit)