Lebaran Ketupat, 4 Pantai Diprediksi Penuh Pengunjung

Pantai di Lumajang. (*) 
Lumajang, Motim - Hari Raya Idul Fitri +7 atau dikenal Lebaran Ketupat, banyak tradisi yang dilaksanakan oleh masyarakat Lumajang. Selain selamatan ketupat, masyarakat akan ramai-ramai berwisata ke pantai.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang memprediksi ada 4 pantai di Lumajang yang akan dipenuhi wisatawan. Yakni Pantai Wotgalih, Pantai Dampar, Pantai Watu Pecak, dan Pantai Bambang.

“Kita prediksi besok sama lusa (12-13 Juni 2019). Untuk itu di tanggal itu kita antisipasi di sana. Kita lebih fokuskan,” kata Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan, dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo pada Memo Timur, Selasa (11/6).

Pengawasan di 4 obyek wisata itu ditingkatkan, karena kondisi ombak di pantai akhir-akhir ini dinilai masih rawan. Karena saat ini masa transisi dari musim kemarau ke musim hujan. Ombak tinggi dan angin kencang bisa terjadi.

“Kita khawatirkan, biasanya ombak tinggi dan ada angin kencang,” ujarnya.

Apalagi, kata Wawan, untuk pantai di wilayah selatan ombak rata-rata yang menerjang, tingginya sekitar 2,5 meter hingga 3 meter. “Untuk itu pengunjung wajib berhati-hati. Taati peraturan dari pengelola wisata,” jelasnya.

Sejauh ini tidak ada larangan bagi pengunjung untuk mandi di pantai. Namun harus berada di zona yang telah ditentukan. Ada garis atau batas yang dipasang di sana. “Boleh mandi, tapi jangan melewati batas yang dipasang,” katanya.

Sementara untuk saat ini, untuk jumlah pengunjung pantai memang sudah ada peningkatan dari sebelumnya. Namun masih belum menembus angka tertinggi saat lebaran. Diprediksi saat ini sekitar 1.000 orang per hari.

Selain dari personil BPBD, dari pihak lainnya juga akan ikut melakukan anstipasi di sana. Diantaranya dari Satpol PP, Dinas Perhubungan, kecamatan, kepolisian, TNI, dan juga para relawan. (fit)