Lowongan CPNS akan Dibuka, Lumajang Tunggu Penetapan BKN

ASN di Lumajang. (*) 
Lumajang, Motim - Ada kesempatan lagi untuk masyarakat, atau bagi pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang sebelumnya gagal lolos. Karena tahun ini, pemerintah akan kembali membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Dari data yang dihimpun, Badan Kepegawaian Nasional (BKN) berencana membuka lowongan besar-besaran. Jumlanya mencapai 254.173 formasi se-Indonesia. Jumlah ini, selain CPNS juga untuk lowongan Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Untuk di Lumajang, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) masih belum mengetahui berapa jumlah jatah lowongan yang akan diterima. Karena dari pusat yang kan menetapkan formasi masing-masing daerah.

“Nunggu penetapan formasi dari BKN. Kalau diberi kuota ya dibuka pendaftaran, demikian sebaliknya,” kata Kepala BKD Lumajang Drs. Agus Triyono, M.Si pada Memo Timur, Kamis (13/6) pagi.

Sementara PPPK, memang saat ini Pemkab Lumajang tidak memiliki satu pun tenaga dengan status PPPK. Untuk bantuan tenaga di pemerintahan, Lumajang masih mengandalkan tenaga honorer yang direkrut masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Belum ada kabupaten/kota yang punya PPPK,” ujarnya saat dikonfirmasi dari pesan whatsapp.

Kemudian bagi CPNS hasil rekrutan formasi sebelumnya, sebanyak 452 orang telah mendapatkan Surat Keputusan (SK) Pengangkatan. Bupati Thoriqul Haq yang menyerahkan langsung SK tersebut.

“(Mereka) sudah melaksanakan tugas di unit kerja masing-masing,” jelas Agus.

Sejumlah 452 orang CPNS tersebut terdiri dari tenaga pendidikan 254 orang yang sebagian dari Honorer Kategori 2 (K2) 47 orang dan dari umum 207 orang. Ditambah tenaga kesehatan 132 orang, dan tenaga teknis 66 orang.

Dari informasi BKN, lowongan yang akan dibuka tahun ini, ada 46.425 formasi untuk Pemerintah Pusat (23.213 CPNS dan 23.212 PPPK). Sedangkan untuk Pemerintah Daerah ada 207.748 formasi (62.324 CPNS dan 145.424 PPPK). (fit)