Pasca Longsor Piket Nol, Pengendara Dihimbau Tetap Waspada

Lokasi longsor. (*)
Lumajang, Motim - Pasca longsor di jalur Piket Nol, pengendara yang melintas di sana dihimbau untuk tetap waspada. Baik yang dari arah Lumajang maupun Malang. Pasalnya, longsor susulan, masih dimungkinkan terjadi.

“Kita minta pengedara untuk tetap hati-hati dan waspada,” kata Kepala Bidang Kesiapsiagaan, Kedaruratan, dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo pada Memo Timur, Minggu (16/6).

Saat ini, kondisi jalur, khususnya di kilometer 55 sudah bersih dari material longsor. Sehingga bisa dilalui dengan aman oleh pengendara. Semua petugas sudah ditarik dari lokasi longsor yang terjadi pada Jumat (14/6) lalu itu.

“Petugas kita tarik, namun tetap ada relawan yang senantiasa monitor di sana dan melapaorkan kondisi terkini,” ucapnya.

Seperti diketahui, longsor yang terjadi di Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro itu, terjadi sekitar pukul 1 siang. Penyebab longsor terjadi karena hujan deras sejak pagi hari dan kondisi tanah di atas tebing yang labil.

Akibat longsor ini, jalur utama Malang-Lumajang via selatan pun sempat putus total selama berjam-jam. Karena material longsoran berupa tanah dan bebatuan memenuhi ruas jalan. Bahkan ada batu besar yang ikut jatuh.

“Dua alat berat kita kerahkan saat itu,” ucapnya.

Dibantu oleh pihak kepolisian, jalur juga sempat dibuka satu arah dengan sistim buka tutup. Agar kemacetan tidak begitu parah di sana. Setelah berjam-jam dilakukan pembersihan material, akhirnya pada malam harinya jalur sudah bersih total.

“Sekitar pukul 8 malam sudah bisa dilewati,” pungkasnya. (fit)