Truk Sampah Rusak masih Beroperasi, Pengadaan Baru akan Dilakukan

Truk sampah rusak. (*) 
Lumajang, Motim - Truk pengangkut sampah yang sudah rusak terlihat masih dioperasikan di Lumajang. Bahkan kadang terlihat melintas di jalan raya. Hal ini sedikit banyak bisa menganggu kenyamanan para pengendara.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lumajang terpaksa tetap mengoperasikan truk yang tak layak itu, karena jumlah armada yang dimiliki masih kurang. Pengadaan aramada baru pun segera dilakukan di tahun ini.

Pelaksana Tugas Kepala DLH Lumajang,Yuli Harismawati, SP menyampaikan, armada yang dimiliki saat ini memang masih minim. Pihaknya hanya memiliki 12 unit saja. “Dumptruk 7 unit dan arm roll 5 unit,” katanya pada Memo Timur, Senin (17/6).

Pada 2019, pihaknya telah merencanakan pengadaan armada yang baru. “Armada memang masih minim dan rencana ada pengadaan 1 dumptruk dan 10 kontainer tahun ini. Masih menunggu proses,” ujarnta.

Sedangkan untuk armada yang tidak layak yang masih dioperasikan, Ia sudah meminta kepada petugas agar menutupnya dengan terpal. “Agar sampah tadkk berjatuhan atau berhamburan,” kata dia.

Bahkan Ia sudah mengingatkan soal ini, melalui kepala bidang yang menanganai. Bahkan Ia pun juga tidak mengelak, jika hal itu dapat menganggu masyarakat. “Karena itu melanggar ketertiban umum,” tegasnya.

Dengan 12 unit armada itu, termasuk yang rusak, pihaknya harus mengatasi masalah sampah yang ada di 18 kecamatan. “Pelayanan kita di 18 kecamatan. Utamanya sampah pasar. Kendala kita di armada dan operasional, masih kurang,” pungkasnya. (fit)