Tumpukan Sampah di Kawasan Perhutani jadi Sorotan

Tumpukan sampah di kawasan Perhutani. (*) 
Lumajang, Motim - Tumpukan sampah yang beradan di kawasan hutan milik Perhutani menjadi sorotan. Ini setelah ada salahsatu pemilik akun facebook yang menyebarkan foto, yang memperlihatkan kondisi jorok akibat tumpukan sampah.

Dari foto itu, terlihat aneka sampah yang tertumpuk dan berserakan, memenuhi salahsatu sudut tepi jalan. Padahal kanan kanan-kirinya adalah hutan. Belum diketahui secara jelas, asal-usul sampah tersebut.

Dari akun yang bernamaTonkky Art, menyebut jika kondisi jorok itu adalah di kawasan hutan milik Perhutani yang banyak ditumbuhi Pohon Salam dan Pinus. Tepatnya di Desa Sumberejo Kecamatan Candipuro.

“Miris melihat sampah di area hutan salaman dan pinusan (Perhutani) yang lokasi masuk area Desa Sumberejo arah jurusan Desa Kloposawit Kecamatan Candipuro,” tulisnya.

Ia menambahkan, dari dulu tidak ada upaya sedikitpun dari pihak terkait untuk memecahkan masalah ini. “Aku melihatnya sudah dari dulu kelihatannya tidak ada upaya sedikitpun untuk mencari solusi. Dan sejak dulu lebih dari 20 tahun lalu, Kecamatan Candipuro tidak memiliki TPA (Tempat Pembuangan Akhir),” lanjutnya.

Ia pun berharap pihak terkait, selain dari Pehutani, seperti camat, kepala desa untuk bisa menangani hal ini. Dirinya juga berharap, masyarakat bisa lebih tinggi tingkat kesadarannya, agar tidak membung sampah secara sembarangan.

“Semoga pihak terkait bisa mncari solusinya. Iki pecememaran tanah rek dan pengotoran hutan, sampai kapan harus seprti ini terus. Dan aku melihat pendidikan warga yang buang sampah itu pada tinggi sekolahnya, kok masih rendah kesadarannya,” tutupnya. (cho)