Ubah Wajah Sungai, Bebatuan Besar Akan Diletakkan di Sungai Perkotaan

Lumajang, Motim - Bupati Lumajang, Thoriqul Haq berkeinginan untuk mengubah wajah sungai di kawasan kota. Supaya bisa terlihat lebih indah lagi. Ia pun menawarkan konsepnya ini pada perusahaan di Lumajang. Agar dana Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) bisa dimanfaatkan untuk hal ini.
Sungai di Lumajang
Sungai di Lumajang
Ia menegaskan, tata kelola perkotaan akan dilakukan oleh Pemkab Lumajang. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menata sungai. Karena Thoriq menilai sungai yang ada di perkotaan saat ini terlihat biasa saja.

Lanjutnya, penataan wajah sungai yang melintasi jantung kota akan menonjolkan identitas Lumajang. Seperti merevitalisasi sungai menjadi sungai yang penuh dengan bebatuan besar. Menurutnya sungai apabila ditata dengan batuan-batuan akan terlihat lebih indah.

“Nah, ini nanti kita tinggal dipindah batu-batunya di sekitaran perkotaan, serta di tata ulang dan dirapikan, sehingga gambarannya nanti itu sungainya, alirannya maupun percikannya itu terasa batu yang kita tata rapi,” ujarnya.

Konsep ini juga sudah Ia tawarkan pada salah satu perusahaan di Lumajang. Agar nantinya bisa menggunakan dana CSR untuk hal ini. “Tinggal nanti pilih sungai yang sebelah mana,” jelas bupati.

Sungai dengan wajah baru nantinya, tentunya bisa juga menjadi destinasi wisata yang murah. Ia berharap, sungai yang dilengkapi dengan batu-batu besar tersebut, nantinya menjadi tempat yang menarik untuk berfoto bagi masyarakat Lumajang. (fit)