1.022 Calon Haji asal Lumajang Berangkat

Pemberangkatan calon haji dari Lumajang. (*) 
Lumajang, Motim - Sebanyak 1.022 calon haji asal Lumajang sudah berangkat. Jemaah calon haji (JCH) berangkat dari Pendopo Arya Wiraraja, Senin (15/7) dini hari. Bupati Lumajang Throiqul Haq da Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati secara simbolis memberagkatkan mereka.

Dari jumlah tersebut dibagi dalam 3 kelompok terbang (kloter). Diantaranya kloter 25, 26 dan 27. JCH Lumajang lebih dulu menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya, sebelum diterbangkan menuju Arab Saudi.

"Insya Allah besok lusa langsung menuju Madinah," jelas nupati.

Thoriq menjelaskan bahwa setiap tahun Pemerintah Kabupaten Lumajang memfasilitasi armada bus untuk pemberangkatan JCH dari Lumajang ke Surabaya. Termasuk untuk pemulangannya nanti.

"Anggaran dan pembiayaan telah kami siapkan setiap tahun sebagai penghormatan kita kepada calon jamaah haji Kabupaten Lumajang," jelasnya.

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati berpesan agar jamaah haji dapat menjalankan ibadah dengan khusyuk. Mengingat cuaca di Arab Saudi yang berbeda dengan Indonesia, Ia berharap agar JCH menjaga kesehatan selama disana.

"Semoga para jamaah selalu diberikan kesehatan, selamat sampai di tanah air dan menjadi haji mabrur," ujarnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Lumajang, Muhammad Fachrurrozi menyampaikan rasa terimakasihnya atas perhatian Pemerintah Kabupaten Lumajang dalam menyiapkan segala akomodasi pemberangkatan dan pemulangan jamaah.

"Ini sebuah pemberangkatan yang luar biasa, sangat tertib, dan mudah- mudahan ini sangat membantu menenangkan para jamaah," ujarnya. (fit)