Ada yang Berusia 96 Tahun, Jumlah Calon Haji Lumajang 1.022 Orang

Jemaah Calon Haji asal Lumajang. (fit)
Lumajang, Motim - Sebelum bertolak ke tanah suci, Jemaah Calon Haji (JCH) asal Lumajang bertemu dengan Bupati Thoriqul Haq di Pendopo Arya Wiraraja, Rabu (10/7). Jumlah calon haji tahun ini yang akan berangkat mencapai 1.022 orang.

Dari jumlah itu, ada calon haji tertua bernama Apliyah yang sudah berusia 95 tahun. Warga Desa Sumber Urip Kecamatan Pronojiwo itu kelahiran 1923. Kemudian usia termuda bernama Sinta Fariska Febriyanti. Warga Desa Bodang Kecamatan Padang itu kelahiran 2000.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lumajang, Muhammad Fachrurrozi menjelaskan, JCH Lumajang dibagi menjadi 3 kelompok terbang (kloter). Kloter 25 ada 445 orang, kloter 26 ada 445 orang, dan kloter 27 ada 132 orang.

Jumlah di atas menagalami perubahan, karena sebelumnya ada yang 4 calon haji yang menunda, meninggal dunia, dan juga mutasi. JCH Lumajang akan berangkat dari Lumajang pada Senin (15/7) dini hari.

Fachrurrozi menegaskan, saat ini semua proses administrasi sudah dipenuhi oleh calon haji. "Pempasporan, Biometrik 100 persen Alhamdulillah sudah selesai, dan pemvisaan saat ini sedang diusulkan dan diproses," terangnya.

Sementara Bupati Thoriqul Haq berharap agar JCH asal Lumajang senantiasa diberi kesehatan, khusyuk ibadahnya dan menjadi haji mabrur. “Selalu menjaga kebersamaan sebagai sesama jamaah haji, saling membantu, saling merasa bagian dari keluarga bersama," katanya.

Ia juga menitip doa kepada jamaah haji agar Lumajang senantiasa dijadikan damai, aman dan sejahtera. Thoriqul Haq juga berharap doa agar dirinya bersama Wakil Bupati Indah Amperawati menjadi pemimpin yang amanah. Serta dapat membawa perubahan yang lebih maju.

“Mohon doakan kami, saya bersama ibu Wakil Bupati, seluruh Forkopimda semoga selalu amanah, supaya dimudahkan dalam memimpin kabupaten Lumajang,” harapnya.

Saat ini daftar tunggu masyarakat Lumajang yang ingin berangkat menunaikan ibadah haji setiap tahun mengalami peningkatan. Apabila mendaftar tahun ini, butuh waktu sekitar 26 tahun lagi untuk berangkat ke Mekkah. Jumlah pendaftar saat ini mencapai 23.712 orang. (fit)