Alat Pertanian untuk Tarik Minat Petani Milenial

Lumajang, Motim - Banyak manfaat yang diperoleh dari penggunaan alat dan mesin pertanian (alsintan). Lumajang juga sudah banyak menerima bantuan alsintan dari pusat. Sehingga harus dioptimalkan. Salahsatunya adalah untuk menarik minat milenial terjun di pertanian.
Optimalisasi Pemanfaatan Alsintan di Desa Kalipepe
Optimalisasi Pemanfaatan Alsintan di Desa Kalipepe
Kepala Dinas Pertanian Lumajang, Imam Suryadi menegaskan, di Lumajang tercatat ada 141 unit alsintan. “Harapannya kedepan akan tumbuh petani milenial yang ada di Kabupaten Lumajang, sehingga bisa menarik kalangan muda untuk bertani,” harapnya.

Lanjutnya, ada manfaat lainnyayang diperoleh dari penggunaan alsintan.Seperti untuk mempercepat saat panen dan menekan biaya produksi. Sehingga potensi alam di Lumajang bisa digarap dengan lebih baik lagi.

Kemudian Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan, Paiman mengatakan, penggunaan alsintan ini untuk meningkatkan produksi pertanian. Dengan begitu Lumajang akan semakin berdaya saing dan Lumajang semakin mantap pangan.

“Bagaimana Lumajang berdaya saing dari sisi pangan, sehingga pangan organik Lumajang harus semakin dimantapkan,” katanya saat Kegiatan Optimalisasi Pemanfaatan Alsintan di Desa Kalipepe Kecamatan Yosowilangun, Jumat (12/7) lalu.

Dalam kesempatan yang sama, Dandim 0821 Lumajang, Letkol. Inf. Ahmad Fauzi menyampaikan bahwa masyarakat Lumajang patut bersyukur dianugerahi daerah dengan potensi alam yang subur. Potensi tersebut menurutnya dapat dimaksimalkan menggunakan alsintan.

“Kalau alsintan ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, produksi beras meningkat, Insya Allah Alsintan nanti datang (dapat bantuan) lagi,” ujarnya. (fit)