Anggaran Pelebaran Jalan capai Rp 78 Miliar

Salahsatu titik pelebaran jalan di Lumajang. (*) 
Lumajang, Motim - Pengerjaan pelebaran jalan di Lumajang terus dilaksanakan. Bupati Thoriqul Haq menegaskan, pada tahun ini, anggaran dari pusat untuk pelebaran ruas jalan Probolinggo-Lumajang dan Lumajang-Turen mencapai Rp 78 miliar.

Kemudian khusus di Lumajang, anggaran sebesar Rp 40 miliar. Jumlah itu untuk pelebaran ruas jalan sepanjang 2 kilometer dan overlay 3,5 kilometer. Ia pun berharap pada pusat, agar memprioritaskan jalan yang rawan macet.

"Berharap kepada Kementrian PU untuk memberikan prioritas pelebaran jalan Probolinggo - Lumajang, karena jalan ini sering terjadi kemacetan," ujar bupati setelah meninjau salahsatu titik pelebaran jalan, Rabu (17/7).

Bupati juga akan melakukan dialog dengan masyarakat sekitar terkait pelebaran jalan tersebut. "Saya harap Pemerintah Pusat memberikan program prioritas terhadap kami. Tinggal kami yang akan menyosialisasikan kepada masyarakat," imbuhnya.

Thorui meninjau langsung pengerjaan pelebaran di jalur Kedungjajang-Ranuyoso, tepatnya di sebelah Utara Pasar Klakah. Diketahui jalur tersebut, selama ini memang sangat rawan terjadi macet.

Disebutkan, lebar badan jalan yang ada saat ini 7 meter dan akan dilebaarkan menjadi 11 meter. Artinya ada penambahan 4 meter. Ditambah dengan lebar bahu jalan, lebarnya bisa mencapai 16 meter. Proyek pelebaran jalan tersebut akan dilakukan secara bertahap.

Petugas dari Kementerian PU RI, Dandy mengungkapkan, bahwa pihaknya perlu bantuan dari Pemkab Lumajang. Khususnya dalam hal penataan kios pedagang buah dan bangunan warga yang berada di atas bahu jalan. (*/fit)