Cakupan Akta Kelahiran Lumajang di Bawah Target Nasional

Peluncuran Program Pelayanan Online Akta Kelahiran Anak. (*)
Lumajang, Motim - Cakupan akta kelahiran bagi penduduk usia 0-18 tahun di Lumajang masih berada di bawah target nasional. Hingga Juni 2019 cakupan masih mencapai 74,45 persen. Sedangkan target nasonal adalah 85 persen.

Demi memenuhi target itu Disependukcapil meluncurkan Program Pelayanan Online Akta Kelahiran Anak di Pendopo Arya Wiraraja, Selasa (23/7). “Dengan adanya program ini, harapan kami tingkat cakupan akta kelahiran semakin meningkat,” kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Yos Sudarso.

Program ini diluncurkan, karena tidak cukup hanya dengan pelayanan harian. “Untuk mengejar ketertinggalan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil tidak hanya melalui pelayanan harian, akan tetapi harus melakukan terobosan atau inovasi pelayanan bahkan lompatan–lompatan,” ujarnya.

Sementara Kepala Dispendukcapil Lumajang, Ahmad Taufik Hidayat menjelaskan, bahwa pihaknya juga mencotoh daerah lain, yakni Kabupaten Trenggalek yang telah sukses soal cakupan akta kelahiran itu.

Selain program tersebut, Dispendukcapil juga meluncurkan Pelayanan Adminduk Tuntas di Kecamatan (Landuk-Tamat) dan Pelayanan Kartu Identitas Anak (KIA). Untuk Landuk-Tamat untuk pelayanan KK, KTP Elektronik, Akta Kelahiran dan Kematian serta penerbitan SKPWNI (Surat Keterangan Pindah WNI) dalam Kabupaten. (fit)