Dishub Tata Ulang Parkir di Alun-Alun, Ujicoba Akan Dilakukan

Plt Kepala Dishub Lumajang Nugraha Yudha.
Lumajang, Motim - Dinas Perhubungan (Dishub) Lumajang kembali melakukan penataan parkir di seputaran Alun-alun. Rencana penataan itu telah dikoordinasikan dan disepakati dengan instansi terkait lainnya. Ujicoba pun dilakukan mulai 26 Juli mendatang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dishub Lumajang Nugraha Yudha mengatakan, penataan ini merupakan tindak lanjut dari perintah dari Bupati Thoriqul Haq. “Karena kita ketahui situasi dan kondisi parkir saat ini di Alun-alun sangat padat,” katanya pada wartawan, Rabu (24/7).

Selain Alun-alun yang banyak dikunjungi masyarakat, di seputaran sana juga banyak instansi yang memanfaatkan ruas jalan untuk parkir. “Ada beberapa kantor yang memanfaatkan ruas jalan untuk parkir. Juga ada sekolah,” ungkapnya.

Penataan yang paling menyita perhatian adalah untuk penitipan kendaraan roda 2. Sport Park akan dimanfaatkan untuk menitipan roda 2. Namun jamnya dibatasi, dari pukul 6 pagi hingga 4 sore.

Dengan adanya perubahan ini, Dishub juga sudah melakukan penyesuaian pada rambu di sana. “Untuk rambu (baru) sudah kita pasang. Namun untuk marka masih belum. Karena ini masih ujicoba,” jelasnya.

Lanjutnya, ujicoba ini dilakukan selama satu bulan. Mulai 26 Juli hingga 26 Agutus 2019. Setelah melewati masa ujicoba itu, tentunya akan ada evaluasi. “Kemudian kita lihat sejauh mana efektifitas ketika kita lakukan penataan ulang,” kata Nugraha.

Selama ujicoba itu, petugas juga akan selalu disiagakan di sana untuk memberikan pemahaman penataan ulang ini kepada pengendara. “Jadi petugas akan menjelaskan, di mana tempat parkir yang sudah ditentukan itu,” ujarnya. (cho/fit)