Fasilitas di Sekitar Pura Mandiri Semeru Agung akan Ditata Lagi

Bupati menemui Wakil Gubernur Bali. (*)
Lumajang, Motim - Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati dan Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artadipa datang ke Pura Mandara Giri Semeru Agung Selasa (16/7) dalam rangka Upacara Panca Wali Krama.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq juga datang ke sana untuk menemui keduanya. Dalam kesempatan itu, bupati menyampaikan rencananya untuk menata lagi infrastruktur dan fasilitas umum di sekitar pura.

Menurutnya, hal ini sebagai upaya pengembangan salahsatu destinasi wisata religi di Lumajang tersebut. Infrastuktur dan fasilitas umum yang akan dibenahi nantinya diantaranya penataan kios, trotoar, dan tempat parkir.

“Untuk itu, nanti saya akan mengoordinasikannya dengan Perangkat Daerah terkait untuk merelokasi lapangan Desa Kandangtepus, yang rencananya lapangan tersebut akan dijadikan sebagai tempat parkir,” ujarnya.

Sebagai ganti lapangan desa yang digunakan untuk tempat parkir, Pemerintah Kabupaten Lumajang akan memberikan dana bantuan kepada Pemerintah Desa. Lahan parkir itu akan dikelola oleh Pemerintah Desa.

“Sehingga nanti akan ada pendapatan yang masuk ke kas desa. Dan, saya berjanji di tahun 2020 nanti, lahan parkir itu akan tuntas, sehingga tidak ada kemacetan lagi yang mengganggu aktivitas masyarakat," ujarnya.

Ia juga berharap dalam penataannya nanti, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati berkenan untuk merekomendasikan arsitek dari Provinsi Bali yang mempunyai seni. Dengan konsep tata ruang alam dan budaya. (*/fit)