Fire Power Demo, Puluhan Pesawat Tempur Dikerahkan

Pesawat beraksi dalam FPD 2019. (*)
Lumajang, Motim - Fire Power Demo (FPD) 2019 atau demo penembakan udara kembali digelar oleh TNI Au di Air Weapon Range (AWR) Pandanwangi, Rabu (24/7). Dalam demo kali ini ada ada puluhan pesawat tempur yang dikerahkan.

Dalam FPD yang dihadiri langsung oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, alat utama sistem senjata (Alutsista) yang dikerahkan diantaranya 42 pesawat tempur, 2 pesawat intai, 12 pesawat angkut, serta 5 helikopter.

Bahkan tidak tanggung-tanggung ada 2 ribu lebih prajurit dari TNI AU yang terlibat dalam demo ini. Aksi dari TNI AU ini pun menyita masyarakat Lumajang. Banyak masyarakat yang mendekat di lokasi latihan untuk menyaksikan langsung.

“Memang kegiatan ini bisa disaksikan masyarakat,” kata Direktur Latihan Angkasa Yudha 2019, Marsekal Muda TNI Donny Ermawan.

Dalam FPD 2019 ini, ada 16 aksi yang dilakukan. Diantaranya pengintaian udara yang dilakukan oleh pesawat Terbang Tanpa Awak (PTTA) dan pesawat Boeing 737-300. Kemudian Penerjunan Infiltrasi dan Pengendalian Tempur (Dalpur).

Ada juga Operasi Udara Serangan Strategis (OUSS) oleh dua pesaat F-16 figthing falcon dengan menembakan rudal AGM -65 Maverick dan SEAD (Supression of Enemy Air Defense) oleh dua pesawat Sukhoi Su-27/30 yang melakukan rocketing air to ground menggunakan roket S-8.

Kemudian Penerjunan Satuan Tempur melaksanakan Operasi Perebutan, dan Pengendalain Pangkalan Udara (OP3U) yang dilaksanakan oleh enam pesawat C-130 Hercules dan 300 prajurit Paskhas. (fit)