Hingga Juni 2019, 38 Kasus Narkoba Berhasil Diungkap

Kasat Resnarkoba AKP Prio Purwandhito (cho) 
Lumajang, Motim - Selama Enam bulan diawal tahun 2019 terhitung dejak Januari sampai dengan akhir Juni, Satuan Reserse Narkoba (Sat Resnarkoba) Polres Lumajang berhasil melakukan pengungkapan kasus Narkoba sedikitnya 38 kasus, dengan tersangka berjumlah 49 orang.

Rinciannya 21 kasus Narkotika jenis Sabu dan Ganja dengan tersangka sebanyak 30 orang laki-laki dan 1 orang perempuan. Barang Bukti dari kasus Narkotika Sabu 78, 44 gram dan Ganja 24,47 gram.

Dan 17 kasus Obat Keras Berbahaya (Okerbaya) dengan tersangka 18 orang laki-laki dan 1 orang perempuan. Barang bukti pil Dextro sebanyak 11.685 butir dan pil trex berjumlah1.006 butir.

"Semua tersangka Narkotika maupun Okerbaya adalah pemakai alias pengguna," ungkap Kasat Resnarkoba, AKP Prio Purwandhito, SH kepada Memo Timur.

Enam bulan di tahun 2018 kemarin, pihaknya melakukan pengungkapan kasus Narkoba sebanyak 32 kasus dengan tersangka sebanyak 38 orang. Rinciannya adalah 15 kasus Narkotika dengan tersangka 18 orang laki-laki dan 1 perempuan. Barang bukti yang berhasil diamankan 17, 87 gram sabu.

Dan 17 kasus Obat Keras Berbahaya (Okerbaya) dengan tersangka 38 orang. Barang bukti pil Dextro sebanyak 31.083 butir dan trex 14.653 butir. "Di tahun 2019 ada kenaikan 6 kasus Narkotika," ungkapnya lagi.

Kasat Resnarkoba juga menyampaikan bahwa para tersangka Narkotika maupun Okerbaya mengaku membeli barang haram itu kepada pengedar yang tidak tahu nama juga alamat rumahnya.

Setiap transaksi barang haram itu katanya antara tersangka dengan pengedar yang kini masih dalam penyelidikan bertemu di Lumajang di sebuah tempat yang dianggap aman.

"Keterangan beberapa tersangka, Sabu dipasok dari Madura. Sedang Okerbaya dipasok dari wilayah Jember dan Probolinggo," ungkapnya lagi.

Para tersangka juga dilakukan assesstmen bermaksud untuk mengetahui seberapa ketergantungannya para tersangka terhadap Narkoba.

"Sat Resnarkoba terus bergerak memberantas Narkoba," pungkas Prio.(cho)