Ikuti Perkembangan Teknologi, Perpustakaan Digital Diluncurkan

Peluncuran Aplikasi Digital. (*)
Lumajang, Motim - Teknologi berkembang pesat. Pola masyarakat dalam membaca buku juga mengalami pergeseran. Kini membaca buku bisa lewat gawai atau gadget. Tak perlu harus beli buku atau pinjam ke perpustakaan.

Aplikasi perpustakaan digital juga banyak bermunculan. Tak mau ketinggalan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan juga telah meluncurkan aplikasi serupa. Aplikasi itu secara resmi diluncurkan, Kamis (25/7) di Aula Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lumajang.

Pustakawan Perpustakaan Lumajang, Cindy Vionariska mengatakan, pihaknya memang mau tak mau harus mengikuti perkembangan saat ini. Fasilitas ini diberikan juga untuk mempermudah masyarakat dalam membaca buku.

“Tujuan utamanya, melalui aplikasi ini untuk mempermudah masyarakat mengakses buku melalui gadget,” katanya usai acara peluncuran aplikasi itu pada Memo Timur.

Untuk sementara, aplikasi ini memuat ribuan judul buku elektronik atau e-book. Namun selanjutnya akan terus diupdate. “Bisa terus ditambah,” ujarnya. Dalam aplikasi itu, koleksi e-book dari berbagai jenis kategori.

Dalam peluncurn aplikasi ini, kepala sekolah dan juga dari pondok pesantren diundang. Dengan harapan mereka bisa mensosialisasikan kepada peserta didiknya atau santri untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi tersebut.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Lumajang Drs. Yos Sudarso, M.M yang memimpin peluncuran aplikasi ini, menyampaikan, Perspustakaan Digital merupakan salahsatu komitmen Bupati dan Wakil Bupati Lumajang untuk mewujudkan Lumajang sebagai Smartcity.

"Ini merupakan bagian dari tekad Bapak Bupati dan Ibu Wakil Bupati untuk membangun konsep pelayanan yang terintegrasi dalam Smartcity," terangnya.

Pembuatan aplikasi yang bekerjasama dengan PT. Enam Kubuku Indonesia. Sudah ada koleksi 2000 lebih judul e-book. Dalam waktu dekat rencananya koleksinya akan ditambah lagi sekitar 540 judul e-book. (fit)