Inspektorat Harus Betul-betul Memeriksa Keuangan Desa

Sosialisasi dan Pembekalan Pilkades Serentak. (*)
Lumajang, Motim - Bupati Lumajang Thoriqul Haq menegaskan, sebelum Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, keuangan di masing-masing desa harus berjalan sesuai dengan aturan. Ia juga meminta Inspektorat untuk betul-betul melakukan pemeriksaan.

“Saya minta Inspektorat betul-betul melakukan pemeriksaan terhadap pelaksanaan program maupun pengelolaan keuangan yang ada di masing masing desa," katanya dalam Sosialisasi dan Pembekalan Pilkades Serentak Gelombang Ketiga 2019, di Ruang Nararya Kirana, Kamis (11/7).

Thoriq juga tidak ingin, ada desa yang tidak patuh dengan aturan yang berlaku. "Saya tidak ingin adanya pelanggaran terhadap pelaksanaan program maupun pengelolaan keuangan yang ada di desa," ujarnya.

Lanjutnya, Pemkab Lumajang akan melakukan penelaahan terhadap pelaksanaan program maupun pengelolaan keuangan yang ada di masing-masing desa. Sehingga sebelum pelaksanaan Pilkades, pengelolaan keuangan dapat selesai menjalani pemeriksaan internal di inspektorat.

Dalam persiapan Pilkades yang akan datang, Ia juga akan melakukan langkah-langkah maupun kebijakan kebijakan yang konkrit. Agar Pilkades yang akan dilaksanakan dapat berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Sementara Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Setda Lumajang, Sugeng Priyono melaporkan, tujuan sosialisasi tersebut, adalah untuk menyebarluaskan informasi tentang regulasi, teknis persiapan Pilkades serentak yang akan digelar di 158 desa di Lumajang.

“Dengan harapan aparatur pemerintah daerah dan desa, dapat berpedoman terhadap aturan yang berlaku, sehingga dapat meminimalisir pelanggaran dan hal-hal yang tidak diinginkan pada tahap persiapan sampai dengan penetapan,” ujarnya. (fit)