Instruksi dari Pusat, KPU Lumajang Tunda Penetapan Caleg Terpilih

KPU Lumajang melakukan persiapan. (*)
Lumajang, Motim - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang harus menunda rapat pleno terbuka untuk penetapan calon legislatif (caleg) DPRD Lumajang terpilih. Penundaan ini sesuai dengan instruksi dari KPU RI.

Sebelumnya, KPU Lumajang menjadwalkan penetapan anggota DPRD Lumajang periode 2019-2024 itu pada 4 Juli lalu. Namun harus tertunda, karena harus menunggu surat dari KPU RI sebagai syarat administratif.

“Jadi kami harus tunggu surat dari KPU RI. Bukan hanya Lumajang saja, tapi seluruh Indonesia,” kata Ketua KPU Lumajang Yuyun Baharita saat dihubungi Memo Timur, Senin (8/7) siang.

Ia pun belum bisa menjadwal ulang kapan penetapan itu akan dilakukan. Karena dirinnya tidak bisa memperkirakan kapan surat itu akan turun. “Kami tidak bisa mereka-reka. Yang pasti kalau sudah ada surat itu, secepatnya akan kami lakukan penetapan,” lanjutnya.

Namun melihat akhir masa jabatan anggota DPRD Lumajang 2014-2019, pada akhir Agustus mendatang. Tentunya sebelum itu, sudah ada penetapan. “Akhir masa jabatan pada 21 Agustus 2019, sebelum pelantikan pasti ada penetapan itu,” pungkas Yuyun.

Sebelumnya KPU Lumajang akan melakukan penetapan pada 4 Juli lalu, dengan berpedoman pada pada BPRK (Buku Register Perkara Konstitusi) yang dikeluarkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

Jika dalam BPRK itu tidak ada daftar adanya gugatan dari caleg di Lumajang. Maka paling lambat, 3 hari setelahnya KPU Lumajang bisa menggelar pleno terbuka untuk penetapan caleg terpilih.

Meskipun belum diketahui kapan akan menggelar pleno, saat ini KPU Lumajang terus melakukan persiapan. Diantaranya melakukan simulasi agar peserta memahami runtutan acara pleno terbuka yang akan digelar nantinya. (fit)