Jelang Idul Adha, Distan Mulai Pantau Penjualan Hewan Kurban

Jual beli hewan. (fit)
Lumajang, Motim - Hari Raya Idul Adha tidak lama lagi. Seperti tahun-tahun sebelumnya, bisnis jual beli hewan kurban mulai marak. Untuk itu, Dinas Pertanian Lumajang pun mulai melakukan pemantauan secara umum.

Kepala Dinas Pertanian Lumajang, Imam Suryadi menjelaskan, pemantauan memang sudah dilakukan. Namun untuk pengecekan kesehatan pada hewan kurban yang dijual masih belum dilakukan.

“Kalau untuk pemeriksaan kesehatannya masih belum,” ucapnya pada Memo Timur, Senin (29/7).

Menurutnya, biasanya seminggu sebelum Idul Adha, pihaknya baru mengerahkan petugas untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban yang dijual. Hal ini untuk memastikan hewan yang dijual kondisinya layak.

“Tentu nanti akan kita lakukan pengecekan kesehatan pada hewan yang dijual pedagang itu,” jelasnya.

Sementara sejauh ini, dari data yang ada, tidak ada peningkatan jumlah penjualan hewan ternak dari Lumajang ke luar daerah. “Saat ini masih belum. Sementara jumlahnya masih stabil,” kata dia.

Karena menurutnya hewan yang akan dijual ke luar daerah selalu dilaporkan ke Dinas Pertanian. Pihaknya mengeluarkan surat keterangan untuk hewan yang dijual tersebut. “Masih sama jumlahnya dengan bulan-bulan sebelumnya,” ujar dia. (fit)