Jelang Idul Adha, Masyarakat Dihimbau Hati-hati Beli Hewan Qurban

Penjualan hewan kurban. (*)
Lumajang, Motim - Hari Raya Idul Adha tidak lama lagi. Sebagaian masyarakat sudah siap lebih awal membeli hewan kurban. Dinas Peternakan pun mengimbau, agar masyarakat berhati-hati saat memilih dan membeli hewan kurban.

“Saya minta agar masyarakat untuk lebih selektif lagi dalam memilih hewan yang akan dikurbankan nantinya,” ujar Kepala Bidang dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Lumajang drh Rofiah, Rabu (24/7).

Seperti diketahui, Idul Adha kurang 3 pekan lagi atau jatuh pada 11 Agustus mendatang Rofiah mengatakan, selain memastikan kualitas dari daging kurban, proses pemilihan saat membeli hewan kurban pun juga harus diperhatikan.

Menurutnya, saat memilih hewan ada beberapa syarat yaitu cukup umur, tidak cacat, minimal poel satu atau satu gigi seri susu berganti dengan gigi tetap. Kemudian harus bebas dari penyakit seperti antraks maupun penyakit lainnya.

“Untuk hewan kurban seperti sapi, umur yang disarankan untuk dipilih adalah yang telah berusia sekitar dua tahun. Sedangkan, untuk kambing atau domba adalah yang telah berusia sekitar satu tahun,” katanya.

Lanjutnya, kesehatan hewan adalah hal penting yang harus diperhatikan. Karena penyediaan daging hewan yang sehat adalah tanggung jawan bersama. “Untuk itu, kami mengimbau kepada seluruh masyarakat agar lebih teliti lagi sebelum membeli hewan kurban,” pungkasnya. (*/fit)