Jumlah Pendaki Meningkat, Rental Alat Outdoor Laris

Lumajang, Motim - Pendaki Gunung Semeru sudah dibuka oleh TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru). Jumlah pendaki gunung meningkat. Rental alat–alat outdoor atau pendakian pun mulai laris disewa.
Persewaan alat outdoor
Persewaan alat outdoor
Sebut saja, salah satu tempat penyewaan pendakian di Lumajang, 3676 Adventure. Pemiliknya, Ridwan Tri Atmoko mengaku, akhir-akhir ini dirinya sudah kebanjiran pesanan. “Bahkan kadang ada alat yang sampai habis, disewa semuanya,” katanya.

Ia menjelaskan, saat ini juga bebarengan dengan liburan sekolah. Pengalaman tahun-tahun sebelumnya, tentu ada peningkatan jumlah pendaki ke Semeru atau gunung lainnya. “Banyak anak sekolah yang memanfaatkan liburan sekolah ini untuk mendaki ke gunung,” ucapnya.

Usaha di Jl. Mayjen Sukertiyo Gang 3 No. 5 Kelurahan Jogotrunan itu menyediakan berbagai kebutuhan alat mendaki. Dari tas, sleeping bed, tenda, kompor gunung, matras, dan juga perlengkapan lainnya.

Ia memprediksi, jumlah pendaki akan terus ramai hingga akhir tahun. Setelah libur sekolah, Agustus juga gunung ramai dikunjungi. “Apalagi pas 17 Agustus, tentu membludak pendaftarnya. Tapi sekarang, untuk Semeru sudah dibatasi jumlah pendakinya per hari,” ujarnya.

Selanjutnya di momentum Sumpah Pemuda, pendakian gunung juga akan ramai lagi. “Tentu banyak yang memilih untuk upacara di gunung juga,” ucap dia. “Selanjutnya di akhir tahun, libur sekolah kembali tiba. Masa ini kembali dimanfaatkan anak-anak sekolah yang suka mendaki gunung,” pungkasnya. (fit)