‘Kampung Berkah’ Baznas Sukses untuk Penggemukan Domba

Kampung Berkah di Desa Blukon. (*)
Lumajang, Motim - Program pemberdayaan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lumajang terus digalakkan. Salahsatunya melalui Kampung Berkah yang difokuskan untuk penggemukan domba. Sebagai pilot project, Kampung Berkah didirikan di Desa Blukon Kecamatan Lumajang.

Program ini sudah terbilang sukses. Karena sudah banyak manfaat yang dirasakan masyarakat yang terlibat di sana. Melalui Kampung Berkah, didirikan kandang bersama untuk penggemukan ratusan domba.

“Ada 1 peternak yang memiliki 10 ekor,” kata Ketua Baznas Lumajang H. Atok Hasan Sanusi pada Memo Timur, Senin (22/7).

Dengan didirikan kandang bersama itu, jadi peternak tidak memerlukan kandang lagi di rumahnya. Serta penanganan pada domba yang ada bisa terfokus. “Jadi tidak diternak di rumah warga,” ujar dia.

Lanjutnya, memang sejauh ini pihaknya fokus untuk di Desa Blukon dulu. Belum ada rencana untuk ekspansi ke desa lainnya. Karena dirinya, inging lebih meningkatkan pemberdayaan yang diberika oleh Baznas.

Selama ini pemberdayaannya hanya di bidang ekonomi melalui penggemukan domba itu. Kedepannya peternak atau masyarakat setempat akan mendapat kesempatan untuk peningkatan pendidikan dan agaman.

“Kita akan fokuskan ke pemberdayaannya. Jadi selaian berdaya di ekonominya, kemudian ke pendidikannya, dan agamanya,” ucapnya. Untuk lebih memaksimalka program ini, Baznas pun akan mengukuhkan pengurus Kampung Berkah, Selasa (23/7). (fit)