Raih 9 Emas, Lumajang Finish di Peringkat 16 Porprov Jatim

Penutupan Porprov Jawa Timur. (*)
Lumajang, Motim - Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur 2019 telah berakhir. Penutupan Porprov ke-VI itu digelar di Stadion Bumi Wali Tuban, Sabtu (13/7) malam. Kontingen Lumajang telah menunjukkan kemampuan terbaiknya selama perhelatan berlangsung.

Lumajang mampu meraih 9 medali emas, 11 perak, dan 14 perunggu. Dengan raihan ini, Lumajang pun menduduki peringkat 16 klasmen perolehan medali. Sementara puncak klasmen atau juara umum disabet Kota Surabaya yang merupakan juara bertahan.

Medali emas yang dikemas Lumajang, 3 diantaranya disumbang dari cabang olahraga (cabor) balap sepeda. Yakni oleh Dela Anjar Wulan, Feri Yudoyono, dan Ananda Ifan Putra Dirangga. Masing-masing menyumbang 1 emas.

Kemudian 1 emas di cabor catur yang diraih Nurul Afni Hanifah. Cabor selam juga berhasil menyumbang emas melalui Rizqi Hidayatullah yang mampu menyabet 2 emas di nomor berbeda.

Sedangkan 3 emas tambahan lagi adalah dari cabor taekwondo. Masing-masing didapat oleh Puteri Agustine Prastyowati di nomor under 49 kilogram, Garfianka Annur Rizky di nomor under 53 kilogram, dan Riga Zuni Setiangga di nomor under 54 kilogram.

Dengan raihan 9 emas ini pun Lumajang gagal memenuhi target. Karena Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lumajang menargetkan posisi 10 besar. Raihan emas kali ini juga menyamai jumlah perolehan emas di Porprov sebelumnya.

Bupati Thoriqul Haq juga menyempatkan diri untuk hadir langsung dalam penutupan Porprov tersebut. Karena dalam gelaran Porprov selanjutnya, pada 2021, Lumajang akan menjadi tuan rumah bersama dengan Jember, Situbondo, dan Bondowoso.

Capaian atlet Lumajang pada Porprov Jatim kali ini pun sangat diapresiasi oleh bupati. "Saya sampaikan terima kasih kepada para atlet yang sudah bertanding dengan sangat luar biasa," ungkapnya.

Ia ingin capaian prestasi saat ini dapat ditingkatkan pada Porprov Jatim pada periode yang akan datang. Apalagi Lumajang ditunjuk sebagai salah satu tuan rumah. Untuk persiapan jadi tuan rumah, Ia akan melakukan upaya agar para atlet dapat berjuang maksimal.

"Mudah-mudahan di tahun yang akan datang menjadi lebih signifikan prestasinya," harapnya. (fit)