Sebanyak 188 Koperasi Tidak Aktif, 140 Dibubarkan

Peringatan Hari Koperasi ke-72. (*) 
Lumajang, Motim - Di momentum Hari Koperasi ke-72, perkoperasian di Lumajang terus ditingkatkan. Koperasi yang sudah tidak sehat ditertibkan. Ada ratusan koperasi yang tidak diaktif di Lumajang dan banyak yang sudah dibubarkan.

Kepala Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Lumajang, Drs. Abdul Majid mengatakan, ada 654 Koperasi di. Dari jumlah itu, 188 diantaranya adalah koperasi yang tidak aktif dan ada 140 koperasi yang sudah di bubarkan.

Ia pun ingin di momentum Hari Koperasi ini, sebagai motivasi untuk meningkatan kinerja koperasi agar lebih mandiri. “Serta menumbuhkan semangat dan menumbuhkan jiwa berkoperasi di masyarakat,” katanya dalam Tasyakuran Peringatan Hari Koperasi di Pondok Asri Rabu (31/7).

Dalam kesempatan itu, Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Pemerintahan, Patria Dwi Hastiadi yang mewakili bupati menyampaikan, insan koperasi disiapkan untuk mempunyai kreatifitas dan inovasi yang tinggi dalam menata organisasi dan strategi bisnisnya.

Untuk itu koperasi sudah saatnya memanfaatkan teknologi digital dengan menggunakan platform e-commerce, aplikasi retail on-line dan pengembangan aplikasi-aplikasi bisnis lainnya. “Keberadaan koperasi harus dimaknai dengan sebenar-benarnya sebagai sarana untuk mensejahterahkan anggotanya,” katanya.

Ia juga berpesan, jangan sampai koperasi berganti menjadi "kuperasi," artinya memberatkan para anggotanya. "Mudah-mudahan kita semua tetap semangat untuk mengabdi kepada nusa dan bangsa," ujarnya. (fit)