Sempat Tertunda, KPU Tetapkan Caleg Terpilih DPRD Lumajang

Rapat Peleno perolehan kursi dan caleg terpilih. (fit) 
Lumajang, Motim - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang akhirnya menetapkan calon legislatif (caleg) terpilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lumajang periode 2019-2024. Rapat pleno penetapan ini digelar di Aula Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lumajang, Senin (22/7).

Rapat pleno ini sebenernya sudah direncanakan untuk digelar pada awal Juli oleh KPU. Sebelumnya telah dijadawalkan 4 Juli 2019. Namun kemudian harus tertunda, lantaran ada instruksi dari pusat.

“Hal ini menjawab kegalauan karena tertuda,” kata Ketua KPU Lumajang Yuyun Baharita.

Penundaan ini juga membuat sejumlah pihak bertanya-tanya, kapan kepastian rapat pleno itu digelar. Padahal, jika bicara persiapan, KPU Lumajang sudah siap pada awal Juli. “Kita sebenarnya sudah siap tempat, dokumen, dan sebagainya,” ujarnya.

Dengan ditetapkan perolehan kursi dan caleg terpilih hasil Pemilu 2019 ini, selanjutnya, bisa menjadi dasar untuk dilakukan pelantikan anggota DPRD Lumajang yang baru. “Pada 31 Agustus 2019 akhir masa jabatan anggota yang lama,” pungkasnya.

Berikut jumlah perolehan kursi dan nama caleg terpilih itu. PKB 10 kursi: Anang Ahmad Syaifudin, Surati, Eko Adis Prayoga, Abdul Rahman Saleh, Tohar Hasan, Sugianto, Azoman, Umi Kulsum, Achmad Faruq Chotibi, dan Siti Komaria.

Gerindra 8 kursi: Gatot Sarworubedo, Eko Wahyudi, Susilo Yuwan Permadi, Oktafitani, Sugiyantoko, Amin, Dedi Marta, dan Nur Fadilah. PDIP 9 kursi: Karnadi, Yudha Adji Kusuma, Zaenal Abidin, Mustainul Umam, Syaiful Anam, Supratman, Bukasan, Buari, dan Lancar Budi Utomo.

Nasdem 3 kursi: Usman Afandi, Harunur Rosid, dan Nur Hidayati. PPP 6 kursi: H. Akhmat, Trisno, Ainul Qurreh, Hadi Nur Kiswanto, Sudi, dan Suwarno. Demokrat 4 kursi: awaluddin Yusuf, Idris Marzuqi, Reza Pradana, dan Sujiarti.

PKS 4 kursi: Eka Tri Oktavia, Andiyono, Muhammad Hasan, dan Khusnul Khuluq. Golkar 3 kursi: Reza Hadi Kurniawan, Suigsan, Bambang Harianto. Hanura 2 kursi: Deddy Firmansyah dan Deni Yulianto. Terakhir PAN dengan 1 kursi yang akan diisi Saifudin. (fit)