SKD 'Mandul', Tim Cobra Ancam Periksa DD

Kasat Reskrim AKP Hasran, SH, M.Hum (Cho)
Lumajang, Motim - Nampaknya Tim Cobra Polres Lumajang tidak akan main-main dalam pengungkapan dan pemberantasan kasus tindak kejahatan secara umum yang terjadi Lumajang selama ini.

Kasat Reskrim Polres Lumajang AKP Hasran, SH,M.Hum saat dikonfirmasi Memo Timur pada selasa pagi (23/7), menurutnya, pihaknya akan melakukan monitoring sesuai atensi kapolres, atensi yang dimaksud, terkait dengan keikutsertaan Satgas Keamanan Desa (SKD) yang tidak melakukan langkah apapun terkait dengan keamanan di desanya.

"Sesuai kesepakatan kepolisian dalam hal ini Kapolres dengan Pemerintah dalam hal ini Bupati, maka pasca dibentuk SKD semua Desa harus bergerak untuk memaksimalkan keamanan secara umum diwilayahnya,"ungkap Hasran.

Jika ada Desa yang tidak mau menjalankan keberadaan SKD secara optimal, pihaknya mengaku akan melakukan monitoring dan juga langkah lainnya, pasalnya dengan tidak bergeraknya SKD didesa itu, sama halnya dengan kesengajaan pihak desa tidak menjalankan tugas yang sudah diberikan oleh Pemerintah daerah.

"Ini kan jelas, SKD ini sudah dikukuhkan oleh Cak Toriq, jika ada Desa yang dengan sengaja tidak menjalankan peran SKD sebagaimana mestinya, maka jelas kinerja desa itu perlu dipertanyakan," imbuhnya.

Disinggung kapan tindakan tegas akan diberlakukan kepada pemerintah Desa yang mokong itu, menurut Hasran, pihaknya masih akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan mendata Desa mana saja yang SKD nya mandul.

"Tidak jalan alias mandul maka akan kita peringatkan, namun jika masih saja tidak berubah sama halnya mendukung kejahatan, ya pasti yang seperti ini akan kita tindak lah," ancam Hasran.

Lanjut Hasran, apabila ada pemerintah desa tidak menjalankan Satgas Keamanan Desa secara maksimal, maka Tim Cobra akan melakukan pemeriksaan terhadap penggunaan Dana Desa (DD) Desa tersebut.

"Sebelum Tim Cobra memeriksa penggunaan Dana Desa, Tolong SKD itu dijalankan secara maksimal,"tegasnya. (cho)