Terungkap, Pelaku Pencurian dengan Pemberatan di Rumah Suhud

Lumajang, Motim - Aksi pencurian dengan pemberatan berupa sepeda motor Honda Grand Nopol L 3160 YR di rumah Suhud (52), warga Dusun Curah Kates, Desa Wates Kulon, Kecamatan Ranuyoso, pada hari Selasa (18/6), berhasil diungkap oleh unit Reskrim Polsek Ranuyoso.
Pelaku saat diamankan di Polsek Ranuyoso
Pelaku saat diamankan di Polsek Ranuyoso
Kapolsek Ranuyoso, Iptu Aei Hartono, SH menuturkan, dalam ungkap kasus pencurian ini pihaknya menangkap Abdul Hamid (29), warga Desa Sawaran Lor, Kecamatan Klakah. Sedang seorang temannya bernama Mat, warga Dusun Gemuling, Desa Jenggrong, Kecamatan Ranuyoso, belum tertangkap.

Namun pihaknya sudah metetapkan Mat sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO). “Barang Bukti yang kami amankan dari Abdul Hamid 1 unit sepeda motor milik korban itu,” katanya.

Dari hasil pengembangan, Abdul Hamid mengaku jika sebelumnya pernah melakukan aksi pencurian sepeda motor Supra 125 di wilayah Desa Wonoayu sebanyak 2 kali, melakukan perampasan sepeda motor Honda Verza di jalan raya Desa Banyuputih, Kecamatan Randuagung, melakukan perampasan sepeda motor Honda Beat di wilayah Desa Tanggung, Kecamatan Padang.

Juga mengaku pernah melakukan pencurian sepeda motor Honda Beat di wilayah Desa Kedungjajang, melakukan pencurian sepeda motor Satria FU di wilayah Desa Sawaran Kulon, Kecamatan Kedungjajang. Pencurian sepeda motor satria FU di wilayah Desa/Kecamatan Leces Probolinggo.

Terakhir, dia mengaku pernah melakukan pencurian sepeda motor Yamaha Jupiter di wilayah Desa Wates Wetan, Kecamatan Ranuyoso, tapi gagal. “Jumlah TKP yang sudah dilakukan total ada 9,” ungkapnya.

Masih kata Kapolsek Ranuyoso, dalam perkara ini Abdul Hamid dijerat pasal 480 KUHP tentang penadahan barang hasil kejahatan, karena pelaku utamanya adalah Mat yang kini dalam pengejaran. “Mudah-mudahan tidak lama lagi Mat tergaet,” pungkasnya.(cho)