Toko Modern yang Jual Beras Luar Daerah Siap-siap Kena Tegur

Bupati Lumajang saat Temu Investasi. (fit) 
Lumajang, Motim - Bupati Thoriqul Haq berkomitmen untuk pengembangan pertanian di Lumajang. Ia ingin produk pertanian bisa diolah lebih maksimal. Salahsatu kebijakannya, melarang minimarket atau toko modern menjual beras selain dari Lumajang.

Jika masih ada yang nekat menjual beras dari luar daerah, siap-siap dapat peringatan dari bupati. “Saya cek Indomaret, Alfamart, Basmalah kalau ada beras yang dijual dari luar daerah, saya tegur,” katanya di Acara Temu Investasi di Gedung Sujono, Rabu (31/7).

Kebijakan ini Ia ambil, karena Lumajang memiliki produksi beras yang besar. Ia menyebut surplus mencapai 330 ribu ton. Sedangkan konsumsi warga Lumajang hanya 117 ribu ton. Maka dengan banyaknya sisa ini, menurutnya harus benar-benar diolah agar memiliki nilai tambah.

“Karena selama ini, sisanya hanya menjadi data statistik saja,” ucapnya.

Padahal, pertanian Lumajang memang diakui unggul, namun belum ada nilai tambah. Salahsatu cara untuk meningkatkan nilai tambah adalah melalui pengemasan beras yang bagus. Kemudian banyak dijual ke toko modern.

“Ini jadi media baru, bagaimana menjadikan produktifitas padi tidak sekedar hanya produksi dan panen. Tapi juga harus packaging (pengemasan),” ujarnya.

Ia mengakui, meskipun produktifitas beras di Lumajang besar, namun untuk bersaing di pangsa pasar masih kesulitan untuk mengaksesnya. Maka kebijakan yang diambilnya itu, menurutnya sudah pas.

Kedepan, Thoriq juga ingin ada produk kemasan beras organik yang bisa dikembangkan. Karena sat ini beras tersebut mulai banyak dicari. Serta di semua daerah sudah banyak dijual di supermarket dan harganya mahal.

“Jika kami harus menyiapkan beras organik, Dinas Pertanian yang harus siap untuk itu,” ucapnya.

Potensi pertanian inilah yang kemudian bupati tawarkan kepada para investor. Supaya mengembangkan bisnisnya di Lumajang. Karena itu juga akan banyak membantu pemerintah sesuai dengan program yang ada.

“Prioritas kita untuk memaksimalkan produksi pertanian dengan segala varian dan keunggulannya dari Lumajang,” pungkasnya. (fit)